Walkthrough Lengkap Pokemon Ruby dan Sapphire

Pokemon Ruby dan Sapphire adalah game RPG yang sangat populer di konsol Gameboy Advance. Dalam game ini, pemain memimpin seorang pelatih Pokemon dalam menjelajahi region Hoenn untuk menangkap dan melatih Pokemon.

Ada banyak tempat menarik untuk dikunjungi, tugas untuk diselesaikan, dan tentu saja, pertarungan melawan trainer lainnya.

Namun, untuk menyelesaikan game ini dengan sukses, Anda mungkin memerlukan beberapa panduan atau walkthrough yang akan membantu Anda melalui tantangan dan rintangan yang akan Anda hadapi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas walkthrough untuk Pokemon Ruby dan Sapphire, termasuk tips dan trik untuk menyelesaikan game ini dengan mudah.

Littleroot Town

littleroot town

Setelah tiba di Hoenn Region, kamu akan turun dari truk dan langsung dijemput oleh ibumu. Ibu akan memintamu naik ke lantai 2 untuk mengatur jam.

Di sana, buka PC dan ambil potion sebelum menuju ke rumah Profesor Birch. Rivalmu akan menunggumu di lantai 2 setelah kamu menekan Pokeball.

Selanjutnya, pergilah ke utara untuk membantu Profesor Birch yang sedang dalam bahaya. Setelah berhasil menyelamatkannya, kamu akan mendapatkan satu Pokemon starter pilihanmu antara Torchic, Mudkip, atau Treecko.

Profesor Birch akan meminta kamu untuk menemui anaknya bernama MAY. Untuk melakukannya, pergilah ke Oldale Town.

Route 101 – 103 (Oldale Town)

Jika kamu berbicara pada pelayan toko, dia akan memberikan potion kepada kamu. Selanjutnya, temui rivalmu dan kalahkan dia. Setelah berhasil mengalahkannya, kembali ke lab dan kamu akan diberikan pokedex dan 5 pokeball.

Kembali ke rumah dan temui ibumu, dia akan memberimu Running shoe yang bisa kamu gunakan dengan menekan dan menahan tombol B + arah navigasi.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Oldale dan menuju ke arah barat menuju route 102.

Route 102 – 104

Route 102 – Di kota Petalburg, terdapat beberapa barang yang dapat kamu peroleh, antara lain potion, 2 pecha berry, dan 2 oran berry.

Namun, kamu belum dapat menantang gym leader Norman sebelum mengumpulkan 4 badge terlebih dahulu.

Jika kamu bermain versi Emerald, kamu akan menemukan seseorang yang sedang mencari seorang pelatih yang hebat.


Route 104 – Setelah melanjutkan permainan, kamu akan berhadapan dengan salah satu dari dua tim, yaitu Team Magma di Pokemon Ruby atau Team Aqua di Pokemon Sapphire dan Emerald.

Mengalahkan tim ini akan memberimu hadiah sebuah Great Ball yang berguna untuk menangkap Pokemon yang sulit.

Untuk mendapatkan TM09 Bullet Seed, Anda perlu berbicara dengan seseorang di sini. Selanjutnya, masuk ke toko bunga dan Anda akan diberi Wailmer Pail yang dapat digunakan untuk menyiram berry yang telah Anda tanam.

Rustboro City

rustboro city

Jika Anda pergi ke sekolah dan berbicara dengan gurunya, maka dia akan memberikan Quick Claw kepada Anda.

Kemudian, kunjungi bangunan sebelah barat mart dan naik ke lantai dua, di mana Anda bisa berbicara dengan seorang anak kecil yang akan memberikan Premier Ball.

Selanjutnya, masuk ke rumah sebelah barat pokecenter dan temui pamannya untuk mendapatkan HM01 CUT.

Terakhir, kunjungi gym dan berhasil mengalahkan Roxanne untuk memenangkan Stone Badge dan mendapatkan TM39 ROCK TOMB.

Route 116

Setelah berhasil mengalahkan Tim Magma atau Tim Aqua di dalam goa, hadiah Goods akan kamu dapatkan.

Selanjutnya, kembali ke Rustboro City untuk menerima beberapa hadiah berupa Great Ball, PokeNav, Letter, dan Match Call. Selanjutnya, lanjutkan perjalananmu ke rute sebelumnya, yaitu Petalburg Wood.

Petalburg Wood

petalburg woods

Di versi Emerald, sebelum kamu meninggalkan kota, kamu akan bertemu dengan rival. Rivalmu akan memberikan nomor teleponnya dan mengajakmu bertarung.

Kemudian, kamu harus memotong pohon yang menghalangi jalan dan bicara dengan orang yang memberikan Miracle Seed padamu.

Setelah keluar dari hutan, masuklah ke sebuah rumah yang memiliki perahu. Di dalam rumah itu, bicaralah dengan seorang kakek yang akan mengantarmu ke Dewford Town menggunakan perahunya.

Dewfort Town

Jika kamu masuk ke rumah di sebelah klinik dokter, kamu bisa mendapatkan Silk Scarf. Selanjutnya, pergilah ke timur menuju gym dan bicaralah dengan paman yang ada di sana.

Dia akan memberikanmu Old Rod yang dapat digunakan untuk menangkap jenis-jenis Pokemon tertentu. Setelah itu, kunjungi gym dan kalahkan Brawly dalam pertarungan.

Dengan berhasil mengalahkannya, kamu akan mendapatkan Knuckle Badge dan juga TM08 BULK UP yang dapat meningkatkan kemampuan bertarung Pokemon-mu.

Route 106

Setelah masuk ke dalam goa, ada seorang paman yang bisa kamu temui di sana. Jika kamu berbicara padanya, ia akan memberikanmu HM05 FLASH.

Kamu dapat mengajarkan move ini pada salah satu pokemonmu agar dapat menerangi lingkungan saat berada di dalam goa.

Jangan lupa untuk mencari Everstone yang tersembunyi di bawah sebuah batu di sana jika kamu ingin menambahkan item ini ke dalam koleksimu.

Selanjutnya, setelah melewati berbagai rintangan, kamu akan sampai di akhir goa dan bertemu dengan karakter bernama Steven.

Jika kamu berbicara padanya, ia akan memberikanmu TM47 STEEL WING. Pastikan untuk mengambil item ini karena move ini dapat sangat membantumu selama pertarungan.

Setelah keluar dari goa, kembali ke pusat kota dan temui kakekmu. Kamu akan diminta untuk memilih “Slateport” saat berbicara dengannya.

Jangan lupa untuk melakukan ini karena akan memungkinkanmu melanjutkan perjalananmu ke kota berikutnya.

Route 109

Jika kamu berbicara dengan seorang wanita yang sedang berjemur di pantai, dia akan memberikanmu Soft Sand. Kemudian, kunjungi Seashore House untuk mendapatkan 6 Soda Pop secara gratis.

Slateport City

slateport city

Jika kamu ingin mengetahui cara mendapatkan beberapa item penting dan melakukan beberapa tantangan menarik dalam Pokemon Ruby dan Sapphire, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

Pertama, kamu bisa pergi ke kios obat untuk mendapatkan Powder Jar. Kemudian, di versi Emerald, kamu bisa pergi ke pojok utara sebelah kiri kota untuk menemukan sebuah tempat bertarung yang disebut Battle Tower.

Di sini, kamu harus menyewa tiga Pokemon dan bertarung melawan tiga trainer lainnya. Jika kamu berhasil memenangkan pertarungan, kamu akan diberikan hadiah yang berguna untuk permainanmu.

Selanjutnya, pergilah ke museum dan naik ke lantai dua untuk melawan Team Aqua atau Magma. Setelah berhasil mengalahkan mereka, berikan Devon Goods kepada Capt.

Stern dan turun ke lantai bawah. Di sini, bicaralah pada anggota Team Aqua atau Magma dan kamu akan diberikan TM46 THIEF yang berguna dalam permainanmu.

Jika kamu bermain versi Emerald, setelah keluar dari museum, kamu akan disambut oleh seorang pria misterius yang akan mendaftarkan dirinya pada PokeNavmu.

Dengan melakukan beberapa hal ini, kamu akan memperoleh beberapa item dan pengalaman bermain yang lebih seru di Pokemon Ruby dan Sapphire.

Route 110 – 103

Ketika memulai permainan Pokemon Ruby/Sapphire, kamu akan segera bertemu dengan Profesor Birch, yang kemudian akan mendaftarkan dirinya pada PokeNavmu.

Selanjutnya, kamu dapat memasuki rumah berwarna ungu, yang juga dikenal sebagai “Trick House”, di mana kamu akan menemukan paman Trick Master yang memberikanmu beberapa puzzle yang harus diselesaikan.

Setelah berhasil menyelesaikan setiap puzzle, kamu akan diberikan item berharga, seperti Rare Candy, Timer Ball, Hard Stone, Smoke Ball, TM 12 TAUNT, Magnet, PP Max, dan Blue Tent.

Selama menjelajah ke wilayah Hoenn, kamu juga akan bertemu dengan rivalmu, yang harus kamu kalahkan dalam pertempuran.

Jika kamu berhasil mengalahkannya, ia akan memberikanmu Item Finder yang akan sangat berguna dalam pencarian item di seluruh permainan.

Mauville City

mauville city

Setelah memasuki rumah yang bersebelahan dengan toko mart, Anda akan menerima HM06 ROCK SMASH sebagai hadiah.

Kemudian, kunjungi toko sepeda untuk mengambil sepeda yang dapat membantu Anda berkeliling di Hoenn.

Di sana, Anda akan diberikan dua pilihan, yaitu Mach bike yang sangat cepat atau Acro bike yang dapat melakukan trik-trik menarik.

Jangan lupa untuk membeli Harbour mail di Slateport mart, karena Anda bisa menukarnya dengan Coin Case di rumah sebelah mart tersebut.

Jika Anda bertemu dengan orang gendut di dekat Game Corner, dia akan mengajarkan Move Rollout jika Anda menjawab dua pertanyaan dengan “yes”.

Selanjutnya, kunjungi gym dan kalahkan Wattson untuk mendapatkan TM34 SHOCK WAVE dan Dinamo Badge.

Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah barat menuju route 117 dan akhirnya tiba di Verdanturf town.

Route 117 – Verdanturf Town

Ketika kamu berada di dalam mart, pastikan untuk menemukan seorang anak kecil yang akan mengajari salah satu Pokemonmu move Furry Cutter (untuk Pokemon Emerald) atau Sweet Scent (untuk Pokemon Ruby/Sapphire).

Di Verdanturf town, ada sebuah Contest House (untuk Pokemon Ruby/Sapphire) atau Battle Tent (untuk Pokemon Emerald) yang juga terdapat di kota sebelumnya. Setelah itu, pergilah ke sebuah goa di mana kamu akan diberikan HM04 STRENGTH.

Jika kamu bermain Pokemon Ruby/Sapphire, kamu akan mendapatkan Repeat Ball, tetapi jika kamu bermain Pokemon Emerald, kamu akan mendapatkan Black Glasses.

Kemudian, kembali ke Heaville city dan pergilah ke utara menuju route 111.

Route 111 – 113

Setelah mengalahkan paman yang berdiri di depan pintu rumah berwarna kuning bersama dengan tiga anggota keluarganya, langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam rumah dan berbicara dengan ibu.

Dia akan memberikan item bernama Macho Brace. Selanjutnya, pergilah ke Fiery Path dan teruslah berjalan hingga kamu bertemu dengan seseorang yang akan memberikanmu TM43 SECRET POWER.

Kamu bisa mengajarkan Secret Power pada salah satu pokemonmu sehingga kamu dapat membuat sebuah Secret Base di pohon besar di atas gunung dan di dalam gua.

Selanjutnya, di Route 113, masuklah ke sebuah rumah yang akan memberikanmu Soot Sack. Item ini berguna untuk mengumpulkan debu magma.

Setelah berhasil mengumpulkan debu magma sebanyak kira-kira 243 langkah, kamu bisa kembali ke rumah tersebut untuk menukarkannya dengan Blue Flute, item yang berguna untuk membangunkan pokemon yang tertidur.

Di gundukan pasir dekat rumah tersebut, kamu akan menemukan TM32 DOUBLE TEAM yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Fallarbor Town

fallarbor town

Setelah kamu berada di Pokecenter, carilah Lenette yang sedang duduk di depan PC. Kemudian, bicaralah padanya dan dia akan memberikan undangan untuk datang ke rumahnya.

Jangan lupa untuk menerima undangan tersebut karena kamu mungkin akan mendapatkan tips dan trik yang berguna untuk menyelesaikan game ini.

Jika kamu bermain versi Emerald, kamu bisa mengunjungi Pokemart dan bicara pada seorang cewek yang akan mengajarkanmu move Metronome. Setelah itu, lanjutkan perjalananmu menuju route 114 untuk menghadapi tantangan selanjutnya.

Route 114

Saat memulai perjalanan di Pokemon Ruby dan Sapphire, langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke rumah pertama di Hoenn.

Di dalamnya, kamu akan menerima TM28 DIG, yang selain berfungsi sebagai move untuk bertarung, juga bisa digunakan sebagai escape rope.

Setelah itu, pergilah ke belakang rumah dan berbicaralah dengan paman yang ada di sana. Paman tersebut akan memberitahumu bahwa ada fosil di Route 111, namun saat ini badai pasir sedang terjadi sehingga tidak bisa diambil.

Selanjutnya, bicaralah pada orang yang berdiri di dekat Poochyena, dan dia akan memberimu TM05 ROAR. Setelah itu, kunjungi rumah Lanette, dan dia akan memberimu Lotad doll.

Kemudian, masuklah ke goa yang ada di dekatnya, dan di sana kamu akan bertemu dengan Team Magma dan Aqua.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan Moon Stone di tempat ini. Setelah menjelajahi goa, kembali ke Route 112 dan lanjutkan perjalanan ke Mt. Chimney.

Mt.Chimney

Setelah naik ke cable car, lanjutkan perjalanan ke puncak gunung dan arahkan langkahmu ke arah utara sampai kamu bertemu dengan bos dari Team Magma.

Jangan lupa untuk mengalahkannya agar kamu bisa mendapatkan Meteorite yang berharga. Setelah itu, lanjutkan perjalananmu ke selatan menuju Route Lavaridge Town.

Lavaridge Town

lavaridge town

Jika Anda sedang memainkan game Pokemon Ruby dan Sapphire, ada beberapa langkah penting yang perlu Anda lakukan untuk memajukan permainan.

Pertama-tama, kunjungi nenek yang berada di selatan pemandian dan ajak dia berbicara. Dia akan memberikan Anda sebuah telur yang nantinya akan menetas menjadi Pokemon bernama Wynaut.

Setelah itu, pergilah ke Herb Shop dan temui kakek di dalamnya. Bicaralah padanya, dan dia akan memberikan Anda sebuah item bernama Charcoal.

Langkah selanjutnya adalah mengunjungi gym untuk bertarung melawan Flannery, sang pemimpin gym. Jika Anda berhasil mengalahkannya, Anda akan mendapatkan hadiah berupa TM50 OVERHEAT dan Heat Badge.

Setelah keluar dari gym, rival Anda akan datang dan memberikan Go-goggles yang memungkinkan Anda melewati badai pasir dengan aman. Jangan lupa untuk mengambilnya.

Terakhir, pergilah ke Route 111 untuk mencari fosil. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda akan bisa memajukan permainan Anda dan menemukan Pokemon serta item baru yang akan membantu Anda dalam petualangan Anda.

Route 111

Pada versi Ruby dan Sapphire dari game Pokemon, terdapat fosil yang dapat ditemukan di ujung utara Route 111.

Namun, pada versi Emerald, fosil tersebut dapat ditemukan di Mirage Tower yang terletak di tengah-tengah Badai Pasir.

Agar dapat mencapai lantai atas dari Mirage Tower, pemain harus memiliki Mach Bike untuk melewati retakan di lantai.

Oleh karena itu, bagi pemain yang memiliki Acro Bike, disarankan untuk menukarnya dengan Mach Bike sementara.

Selain itu, jangan lupa untuk mengambil TM37 SANDSTORM yang berada di pojok kanan paling selatan. Setelah itu, kembali ke Petalburg City untuk melanjutkan petualanganmu.

Petalburg City – Mauville City

Petalburg City – Untuk melanjutkan permainan Pokemon Ruby dan Sapphire, langkah awal yang harus dilakukan adalah pergi ke gym dan mengalahkan ayah karakter utama, Norman.

Setelah berhasil mengalahkannya, Anda akan memperoleh hadiah berupa TM42 FACADE dan Balance Badge.

Tidak hanya itu, ayah karakter utama, Willy, juga akan memberikan Anda HM03 SURF yang sangat berguna dalam permainan.

Setelah mendapatkan hadiah dari Norman dan Willy, langkah berikutnya adalah kembali ke Mauville City untuk melanjutkan petualangan Pokemon Anda.

Mauville City – Setelah mengalahkan gym leader di parkiran sepeda di selatan, dia akan memberimu Basement key dan meminta kamu untuk mematikan generator di New Mauville.

Untuk mencapai New Mauville, kamu harus menuju ke selatan melewati route 110 dan menggunakan Surf untuk mencapai pulau dengan goa.

Setelah kamu memasuki goa, telusuri ruangan dan matikan generatornya. Selain itu, di sebelah generator, kamu bisa menemukan Thunderstone yang berguna untuk mengembangkan Pokemon listrik-mu.

Setelah selesai, kembali ke Mauville dan bicara lagi dengan gym leader, dan dia akan memberimu TM24 THUNDERBOLT sebagai penghargaan.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke timur untuk melanjutkan petualanganmu di region Hoenn.

Route 118 – 119

Jika kamu berbicara dengan seseorang di tepi sungai, dia akan memberikanmu Good Rod yang berguna untuk menangkap Pokemon air yang lebih kuat.

Namun, jika kamu ingin melewati padang rumput, kamu harus berjalan kaki dan tidak bisa menggunakan sepeda. Kamu harus terus berjalan ke arah utara sampai kamu mencapai Weater Institute.

Setelah masuk ke dalam institut, kamu harus mengalahkan semua anggota Team Magma/Aqua yang ada di sana.

Jika kamu berhasil, seorang ilmuwan akan memberimu Pokemon spesial bernama Castform. Pokemon ini unik karena bentuknya akan berubah sesuai dengan kondisi cuaca dan juga membawa item bernama Mystic Water yang dapat meningkatkan kekuatan serangan tipe air.

Setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalananmu ke timur menuju Treetop City. Di tengah perjalanan, kamu akan bertemu dengan rivalmu.

Setelah mengalahkannya, dia akan memberimu HM02 Fly yang dapat digunakan untuk mengalahkan gym leader selanjutnya dan menjelajahi area yang lebih luas di Hoenn.

Fortree City

fortree city

Untuk melanjutkan permainan Pokemon Ruby dan Sapphire, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menuju rumah pohon di sebelah timur Pokecenter.

Di sana, kamu memiliki kesempatan untuk melakukan trading antara Skitty dan Pikachu atau antara Volbeat dan Plusle (khusus di versi Emerald).

Setelah itu, kamu akan bertemu dengan seorang nenek di dalam rumah pohon yang akan memberimu tantangan untuk menebak pola (right, right, left). Jika kamu berhasil menebak pola tersebut, ia akan memberimu TM10 Hidden Power sebagai hadiah.

Ketika kamu akan menuju gym, kamu akan dihadang oleh sesuatu yang tak terlihat. Agar dapat melanjutkan perjalananmu, pergilah ke arah timur menuju Route 120 dan kamu akan bertemu dengan karakter bernama Steven.

Setelah berhasil mengalahkan atau menangkap Kecleon, Steven akan memberimu Devon Scope yang berguna untuk melihat objek yang tidak terlihat.

Kembali ke gym dan ketika kamu terhalang oleh sesuatu yang tidak terlihat, tekan tombol A untuk mengaktifkan Devon Scope.

Kemudian masuk ke dalam gym dan kalahkan Winona untuk mendapatkan hadiah berupa TM40 Aerial Ace dan Feather Badge.

Setelah itu, terbanglah ke rumahmu di Littleroot City dan bicaralah dengan ibumu. Ia akan memberimu Amulet Coin yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah uang yang kamu dapatkan dari pertarungan.

Setelah itu, kembali ke Treetop City dan lanjutkan perjalananmu ke arah timur menuju Route 120.

Route 120 – 121

Di Route 121, terdapat sebuah tempat yang bernama Safari Zone yang sangat menarik untuk dijelajahi di dalam game Pokemon Ruby dan Sapphire.

Namun, sebelum kamu bisa memasukinya, kamu harus mempunyai sebuah item yang disebut PokeBlock Case.

Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa pergi ke Slateport City dan masuk ke tempat kontes Pokemon. Di sana, kamu bisa berbicara dengan seorang cewek yang akan memberikanmu Pokeblock secara gratis.

Namun, jika kamu memainkan versi Emerald, kamu bisa mendapatkan Pokeblock Case di tempat kontes Pokemon di Lilycove City.

Berbicaralah dengan seorang receptionist di sebelah kiri, dan dia akan memberikanmu Pokeblock Case tersebut.

Selain berguna untuk membuka Safari Zone, item ini juga dapat digunakan untuk menggabungkan 2 jenis berry yang berbeda dan membentuk sebuah item baru yang berguna dalam game.

Setelah mendapatkan Pokeblock Case, kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke timur menuju kota Lilycove.

Lilycove City

lilycove city

Ketika Anda mengunjungi toko “mart”, Anda akan bertemu dengan rival Anda yang akan menantang Anda untuk bertarung.

Jika Anda ingin menghapus gerakan Pokemon yang tidak diperlukan, kunjungi Move Deleter yang dapat ditemukan di Lilycove City.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke selatan untuk mencapai Gunung Pyre yang menawarkan tantangan yang menarik.

Mt.Pyre – Route 122

Untuk memulai, masuklah ke Mt. Pyre dan temui nenek di pojok kanan atas. Setelah berbicara dengannya, dia akan memberikanmu Cleanse Tag.

Kemudian, turun ke lantai bawah dan telusurilah sampai kamu bertemu dengan anggota Team Magma/Aqua di ujung utara. Mereka akan memberikanmu Red Orb/Blue Orb/Magma Emblem. Setelah itu, kembali ke ruangan Mt.

Pyre dan naik ke lantai atas, di mana kamu akan menemukan banyak item dan trainer yang siap menantangmu bertarung. Setelah semuanya selesai, lanjutkan perjalananmu dengan terbang ke Slateport City.

Setibanya di Slateport City, pergilah ke shipyard dan kamu akan melihat Capt. Stern dan beberapa orang berkumpul di depan pintu.

Setelah berbicara dengan Capt. Stern, dia akan membawamu ke dalam kapal. Ketika kamu bertemu dengan Team Aqua/Magma, mereka akan pergi dan membawa kapal selam mereka. Sekarang, terbanglah ke Lilycove City.

Setelah sampai di Lilycove City, pergilah ke pantai dan menggunakan Surf untuk menuju ke timur, lalu belok ke utara. Di sana, kamu akan menemukan tempat persembunyian Team Magma/Aqua.

Telusurilah ruangan tersebut hingga kamu bertemu dengan Admin dari Team Magma/Aqua dan kalahkan dia. Di tempat ini, kamu juga bisa mendapatkan Master Ball.

Namun, ingatlah untuk mencarinya sebelum mengalahkan Admin, karena jika kamu sudah mengalahkan Admin, Master Ball akan hilang.

Setelah itu, lanjutkan perjalananmu ke timur menuju Route 125, lalu belok ke utara menuju Shoal Cave.

Route 124 – 125 (Shoal Cave)

Di dalam permainan Pokemon Ruby/Sapphire, terdapat 4 Shoal Shell dan Shoal Salt yang bisa ditemukan.

Jika kamu berhasil mengumpulkan keempat item tersebut, jangan lupa untuk berbicara dengan kakek di area tersebut agar Shoal Bell dapat dibuat.

Setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalananmu ke kota Mossdeep untuk menghadapi tantangan berikutnya.

Mossdeep City

mossdeep city

Untuk mendapatkan Super Rod, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menuju ke rumah pemancing terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda dapat masuk ke Space Center dan berbicara dengan orang yang berada di dekat pintu. Dia akan memberikan Sun Stone yang dapat berguna di masa depan.

Selanjutnya, kunjungi gym dan kalahkan Tate dan Liza. Dalam pertarungan ini, Anda akan mendapatkan hadiah berupa TM04 CALM MIND dan Mind Badge.

Kemudian, pergilah ke rumah Steven yang berada di pojok kiri atas. Di sana, Steven akan memberikan HM08 DIVE yang sangat penting karena digunakan untuk menyelam ke bawah laut.

Namun, di versi Emerald, untuk mendapatkan HM08, Anda harus membantu Steven melawan Team Magma di Space Center terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan surf ke route 126.

Route 126 – 127

Untuk menemukan Groudon (Ruby) atau Kyogre (Sapphire dan Emerald) dalam game Pokemon Ruby dan Sapphire, kamu harus menggunakan surf untuk mencapai area bawah laut yang ditandai dengan sisi laut yang gelap.

Setelah kamu sampai di sana, gunakan dive dengan menekan tombol A untuk menyelam ke dalam air. Selanjutnya, jelajahi area tersebut ke arah selatan sampai kamu menemukan kapal selam yang dicuri oleh Team Magma/Aqua.

Tekan tombol B untuk naik ke permukaan dan masuk ke dalam goa. Telusuri goa sampai kamu menemukan Groudon/Kyogre dan si pemimpin Team Magma/Aqua yang akan menantangmu untuk bertarung. Setelah kamu mengalahkannya, Groudon/Kyogre akan terbangun dan meninggalkan goa.

Untuk mencapai Sootopolis City, kamu harus menggunakan surf dan bergerak ke arah utara. Kemudian, belok ke arah barat dan kamu akan sampai di Route 126.

Gunakan dive dan berjalan ke arah selatan sampai kamu menemukan pintu keluar. Tekan tombol B untuk naik ke permukaan dan kamu akan tiba di Sootopolis City.

Sootoplois City

sootopolis city

Setelah kamu tiba di kota Sootopolis, carilah Steven dan bicaralah dengannya. Ia akan membawamu ke Cave of Origin yang harus kamu telusuri.

Di dalam gua tersebut, kamu akan mendapatkan HM07 WATERFALL. Teruslah menelusuri gua hingga kamu bertemu dengan Groudon (untuk versi Ruby) atau Kyogre (untuk versi Sapphire).

Untuk menangkap mereka, gunakan Ultra Ball, karena Master Ball harus disimpan untuk menangkap Latias/Latios nanti.

Selanjutnya, masuklah ke gym dan kalahkan Wallace untuk mendapatkan TM03 WATER PULSE dan Rain Badge.

Namun, sebelum itu kamu harus meretakkan semua balok es agar tangganya muncul. Setelah itu, terbanglah ke kota Mossdeep dan surf ke selatan melalui route 128, 129, 130, dan 131 menuju Pacifidlog town.

Namun, sebelum menangkap Rayquaza, kamu harus mengalahkan Elite Four terlebih dahulu. Dan ketika kamu menangkap Rayquaza, pastikan kamu menggunakan Mach bike.

Karena kalian belum bisa melakukan apapun di Pacifidlog Town, kalian hanya perlu melanjutkan perjalanan kalian kembali ke Ever Grande City.

Ever Grande City

Untuk menyelesaikan Pokemon Ruby dan Sapphire, Anda perlu mengikuti beberapa langkah penting. Pertama, Anda perlu masuk ke dalam goa yang disebut Victory Road, dan menjelajahinya sampai keluar di wilayah Pokemon League.

Di sana, pastikan untuk membeli item-item penyembuhan seperti revive dan max potion agar Pokemon Anda tetap sehat selama pertempuran.

Setelah itu, Anda harus mengalahkan Elite Four dan Champion yang berbeda, yakni Steven atau Wallace.

Setelah berhasil mengalahkan mereka, Anda akan memasuki Hall of Fame, dan menjadi pelatih Pokemon yang sangat terkenal.

Lanjutan

Setelah turun ke lantai bawah, kamu akan mendapatkan S.S TICKET yang akan membantumu mengakses area baru di game.

Kemudian, gunakan kemampuan Fly untuk pergi ke Slateport City dan menuju ke dok untuk memilih destinasi “Lilycove City”.

Setelah tiba di sana, kamu harus naik lagi ke atas kapal dan memilih opsi “Battle Tower/Battle Frontier”. Di sini, kamu akan dapat melatih strategi bertarungmu dan mengasah kemampuanmu dengan melawan berbagai trainer.

Jika kamu berhasil memenangkan pertarungan, kamu juga bisa mendapatkan item yang sangat berguna untuk melengkapi perjalananmu.