Cara Bermain Multiplayer di Minecraft (PC, Xbox, PS & HP)

Game Minecraft memang salah satu game yang sangat populer di Indonesia. Seringkali kita bermain game ini sendirian.

Hal tersebut tentu saja membuat kita sangat bosan dan mempunyai keinginan untuk bisa bermain dengan orang lain atau bahasa kerennya adalah mabar (main bareng).

Keinginan tersebut tentu saja bisa kamu wujudkan, karena pada dasarnya game Minecraft ini bukan merupakan game yang tidak hanya bisa dimainkan solo saja tetapi bisa multiplayer.

Bagaimana caranya?

Oke, kita akan membahas tentang beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa bermain game Minecraft secara multiplayer baik itu online atau offline.


Cara Mabar Minecraft Terbaru di PC / Mac

Untuk bisa bermain game Minecraft secara multiplayer di perangkat komputer atau PC terdapat beberapa langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Cari Server Untuk Bermain

cari server untuk bermain

Langkah pertama supaya kamu bisa terhubung dengan permainan multiplayer adalah dengan mencari server yang perlu diakses.

Tetapi, kamu tidak dapat menelusuri pilihan server dengan melalui game Minecraft secara langsung. Dalam hal ini kamu justru harus mencari server melalui browser.

Terdapat beberapa situs website yang bisa kamu gunakan untuk mencari server Minecraft. Hal ini karena beberapa situs tersebut akan menampilkan daftar server Minecraft.

Beberapa situs yang menyediakan daftar server Minecraft yang populer dan terbesar yang bisa kamu kunjungi, misalnya seperti:

  • MinecraftServers.org
  • MinecraftForum.net (segmen “Server“)
  • PlanetMinecraft.com (segmen “Server“)

2. Cari Alamat IP Server yang Diinginkan

cari alamat ip server yang diinginkan

Dalam hal ini alamat akan ditampilkan seperti “mc.wubcraft.com” atau “148.148.148.148“. Selain itu, biasanya alamat IP juga mempunyai porta di bagian akhirnya seperti “:25565“.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui alamat IP server supaya kamu bisa melakukan akses ke dalam game. Perlu kamu tahu bahwa alamat IP ini seperti halnya alamat rumah.

Jika kamu tidak mengetahui alamat rumah seseorang, maka kamu tidak akan bisa mengirimkan surat atau berkunjung ke rumahnya.

Hal ini juga sama berlaku untuk sebuah perangkat komputer. Jika kamu ingin bisa melakukan akses ke server, maka kamu harus mengetahui alamat komputer yang bersangkutan.

3. Pilih Server yang Cocok

pilih server yang cocok

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan memilih server untuk bermain.

Perlu kamu ingat bahwa berbeda server, juga akan berbeda juga pengalaman yang akan kamu rasakan dan setiap server mempunyai deskripsi yang berbeda-beda.

Temukan beberapa hal penting sebelum kamu memilih sebuah server untuk kamu gunakan, yaitu sebagai berikut:

a. Jenis Permainan

Terdapat banyak sekali server yang menawarkan mode permainan Minecraft standar, namun ada banyak juga yang menawarkan dengan beberapa mode permainan lain.

Beberapa mode tambahan ini yaitu mode capture the flag, sampai dengan role playing dengan menggunakan karakter yang sudah ada.

b. Daftar Izin atau Whitelist

Apabila server yang kamu gunakan menggunakan daftar izin, maka server hanya akan menerima mereka yang sudah terdaftar di server tersebut.

Dalam hal ini kamu perlu untuk membuat akun pada situs website server supaya kamu bisa mengaksesnya.

c. Populasi (Pengguna)

Populasi yang dimaksud di sini adalah mengacu pada jumlah pengguna yang sedang bermain atau menggunakan server tersebut dan maksimal jumlah pemain yang bisa ditampung.

Dalam hal ini kamu perlu tahu bahwa kamu mungkin tidak akan bermain dengan semua pengguna yang bergabung di dalam server.

Hal tersebut karena server yang kamu gunakan biasanya akan akan membagi populasi atau pengguna yang bergabung ke dalam beberapa server kecil.

d. PvP (Player vs Player)

Server yang memungkinkan kamu untuk bisa bermain PvP dan memungkinkan untuk setiap pengguna atau pemain bisa menyerang satu sama lain, maka server seperti ini akan menjadi tempat yang sulit.

Sulit di sini adalah kamu akan menghadapi persaingan dengan para pemain lain untuk saling mengalahkan satu sama lain.

e. Waktu Operasi atau Uptime

Aspek ini berdasarkan pada seberapa sering server yang ada dan berada di dalam jaringan atau online.

Apabila kamu akan sering bermain game Minecraft, tentu saja kamu harus mencari server yang mempunyai persentase waktu operasi atau online mencapai 95% atau lebih tinggi.

4. Salin Alamat IP yang Dipilih

salin alamat ip yang dipilih

Untuk dapat melakukan akses terhadap server, maka kamu harus mengetikkan alamat tersebut. Kamu bisa menemukan alamat IP di daftar server.

Perlu kamu tahu bahwa alamat IP adalah sekelompok huruf dan atau angka yang dipisahkan dengan menggunakan titik, tandai alamat IP dan salin ke papan klik perangkat kamu.

5. Periksa Versi Game yang Dijalankan Server

periksa versi game yang dijalankan server

Sering kali sebuah server akan menjalankan game Minecraft versi lama. Hal tersebut karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama bagi peralatan server untuk di upgrade.

Dalam hal ini kamu harus mencatat dan mengingat versi game Minecraft yang bisa dijalankan di server tersebut. Kamu bisa menemukan versi permainan pada deskripsi server.

Apabila kamu perlu untuk membuat versi permainan baru, maka kamu bisa mengakses menu “Installations” > “New” > “versions” > “Create” > “Play“.

6. Jalankan Launcher Minecraft atau Atur Versi yang Sesuai

jalankan launcher minecraft atau atur versi yang sesuai

Sebelum kamu menjalankan game Minecraft, tentu saja kamu perlu untuk mengunduh Launcher dan ingat versi Minecraft yang ditampilkan di bagian pojok kanan bawah.

Jika versi tersebut berbeda dari versi yang dijalankan pada server, maka kamu harus melakukan penyesuaian terhadap profil kamu supaya bisa memuat versi yang sesuai.

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan hal ini, yaitu sebagai berikut:

  • Klik tombol “edit profile” yang ada di pojok kiri bawah jendela.
  • Pilih menu drop down “use version“.
  • Klik versi yang sesuai dengan server yang kamu gunakan.
  • Pilih “save profile” untuk menyimpan setiap perubahan yang kamu lakukan.

Dalam hal ini kamu bisa mencoba untuk membuat profil baru yang khusus untuk setiap server.

Jika kamu sering mengakses banyak server dengan versi game yang berbeda, maka kamu bisa membuat profil terpisah untuk setiap server.

Sehingga, kamu akan bisa mengakses server dengan lebih mudah dan juga lebih leluasa.

7. Jalankan Minecraft dan Pilih Multiplayer

jalankan minecraft dan pilih multiplayer

Pilihan ini tentu saja bisa kamu temukan di antara tombol “singleplayer” dan juga “minecraft realms”. Menu “multiplayer” akan ditampilkan setelah menu “singleplayer”.

8. Pilih Tombol “Add Server” dan Paste Alamat IP

pilih tombol add server dan paste alamat ip

Kamu bisa mengetikkan nama pada kolom “server name“. Dalam hal ini kamu bisa mengetikkan apa saja, tetapi sebaiknya kamu mengetikkan nama asli server yang kamu gunakan.

Hal supaya kamu bisa dengan mudah untuk mengenalinya ketika kamu akan mengakses atau memainkan game Minecraft di server yang kamu gunakan.

Kamu bisa pilih “done” untuk bisa menyimpan informasi server yang kamu gunakan. Selanjutnya, server baru akan bisa ditampilkan di dalam daftar permainan.

Apabila server tidak ditampilkan, maka kamu harus memastikan bahwa alamat IP yang kamu masukan sudah benar.

9. Klik Server dan Pilih “Join Server”

klik server dan pilih join server

Dalam hal ini game Minecraft akan mencoba untuk melakukan akses server dan juga akan memuat dunia permainan yang ada.

Apabila kamu memperoleh pesan yang memperlihatkan bahwa server sedang menjalankan bersi permainan yang berbeda, maka kamu harus memastikan kamu menggunakan versi yang sesuai dari menu “profile”.

10. Bermain di Server

bermain di server minecraft

Dalam hal ini kebanyak server akan membawa kamu ke sebuah area awal atau welcome area. Ketika berada di area ini, kamu dapat menemukan beberapa peraturan dan petunjuk penggunaan server.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan informasi untuk bergabung dengan para pemain lainnya. Ketika sedang bermain pada server publik, kamu harus pastikan bahwa kamu tidak merusak objek buatan pemain lain.

Hal tersebut tentu saja akan dianggap tidak sopan, dan kamu bisa saja diblokir dari beberapa server yang kamu gunakan.


Cara Mabar Minecraft di Smartphone

Untuk bisa bermain game Minecraft secara multiplayer di smartphone, terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Jalankan Browser di Smartphone

jalankan browser di smartphone

Kamu dapat bermain game Minecraft bersama dengan orang lain dengan cara mengakses server game Minecraft dengan melalui sebuah aplikasi.

Untuk bisa menemukan beberapa server yang bisa kamu gunakan, kamu perlu menggunakan browser.

Beberapa server tersebut menjalankan berbagai macam jenis dan juga mode permainan, sehingga menawarkan pengalaman bermain yang sangat unik.

Terdapat beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk mencari beberapa server populer, misalnya seperti:

  • Mineplex
  • InPvP
  • Lifeboat

2. Buka Minecraft dan Klik Play

buka minecraft dan klik play

Dalam hal ini daftar dunia permainan yang tersimpan akan diperlihatkan. Tentu saja kamu bisa memilih dunia yang sudah ada tersebut atau kamu bisa mengembangkan dunia baru.

3. Klik External dan Pilih Add Server

klik external dan pilih add server

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan memasukkan informasi server. Hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan paste alamat IP yang sudah kamu copy sebelumnya.

4. Isi Beberapa Kolom dengan Informasi Server

isi beberapa kolom dengan informasi server

Dalam hal ini kamu perlu untuk mengisi beberapa kolom yang tersedia dengan informasi server yang akan kamu gunakan. Setelah itu, kamu bisa klik “add server” untuk menambahkan server ke daftar.

Perlu kamu tahu bahwa dalam hal ini kamu bisa menambahkan hanya satu atau beberapa server sekaligus. Terdapat beberapa kolom yang harus kamu isi, yaitu sebagai berikut:

Server NameKamu bisa mengetikkan nama apapun pada kolom ini. Tetapi, usahakan kamu memasukkan nama server supaya bisa mengenalinnya dengan mudah.
AddressDi kolom ini kamu akan memasukkan alamat IP server yang akan kamu gunakan.
PortDi kolom ini kamu bisa mengetikkan nomor port. Nomor port ini akan ditampilkan setelah tanda “:” pada alamat server.

Jika kamu ingin menambahkan beberapa server, mak kamu bisa klik “save“. Tetapi jika kamu ingin langsung memainkan di server yang sudah kamu buat, maka kamu bisa klik “play“.

5. Pilih Server yang Sudah Dibuat untuk Mengaksesnya

pilih server yang sudah dibuat untuk mengaksesnya

Langkah terakhir yang kamu perlu lakukan adalah dengan memilih server yang akan kamu gunakan untuk bermain. Setelah kamu memilih server, maka karakter kamu akan ditempatkan di sebuah area awal.

Dalam hal ini jika kamu tidak dapat terhubung ke server, maka ada beberapa hal yang mungkin saja menjadi penyebab masalah tersebut.

Perlu kamu tahu bahwa kamu tidak akan dapat mengakses server jika server yang kamu gunakan sedang penuh dan kamu tidak akan menerima pesan bahwa server sedang penuh.

Apabila server sedang berada di luar jaringan, maka kamu juga tidak bisa mengakses server tersebut.

Selain itu, kamu juga tidak akan bisa menggunakan server tersebut jika kamu mempunyai nama yang sama dengan pemain lain yang sudah terlebih dahulu di server tersebut.

Dalam hal ini kamu bisa mengubah nama karakter yang ada di dalam permainan dengan melalui menu “settings” yang berada di menu utama game Minecraft.


Cara Multiplayer Minecraft dengan LAN

Supaya kamu bisa memainkan game Minecraft secara multiplayer dengan menggunakan LAN, terdapat beberapa langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Pastikan Semua Komputer Terhubung ke Internet

pastikan semua komputer terhubung ke internet

Game Minecraft ini memungkinkan para pemainnya untuk bisa mengawali permainan multiplayer dengan sangat mudah selama perangkat komputer yang digunakan terhubung dengan jaringan lokal yang sama.

Apabila kamu sedang berada di rumah, ada kemungkinan seluruh perangkat komputer tersebut terhubung ke dalam satu jaringan yang sama.

Apabila kamu sedang berada di dalam kantor atau sekolah, kamu mungkin saja perlu untuk mengatur jaringan terlebih dahulu.

Sebelumnya kamu harus tahu bahwa LAN (Local Area Network) adalah suatu jaringan yang dapat menghubungkan beberapa komputer yang berada di tempat atau lokasi yang sama.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan VPN (Virtual Private Network) dengan tujuan untuk menyambungkan beberapa komputer yang berada di tempat yang berbeda ke satu jaringan.

Pilihan ini adalah pilihan yang sangat tepat yang bisa kamu lakukan untuk bisa bermain bersama dengan teman-teman kamu yang berada di tempat yang berbeda, tanpa harus membuat server.

2. Pastikan Semua Pemain Mempunyai Versi Minecraft yang Sama

pastikan semua pemain mempunyai versi minecraft yang sama

Kamu bisa menggunakan salah satu perangkat komputer untuk mengawali permainan dan kamu bisa menggunakan fitur penyunting profil terhadap seluruh komputer untuk menyamakan versi game Minecraft.

Apabila seluruh pemain tidak menggunakan versi game Minecraft yang sama, maka kamu tidak akan bisa terhubung dengan yang lainnya. Dalam hal ini kamu bisa melakukan langkah berikut ini:

  • Jalankan program launcher Minecraft dan pilih tombol “edit profile“.
  • Klik versi yang sesuai dari menu drop down “use version“.

3. Awali Permain di Salah Satu Perangkat

awali permain di salah satu perangkat

Dalam hal ini perangkat komputer yang mengawali dimulainya permainan disebut dengan “hos”, dan akan lebih baik jika kamu memilih komputer yang mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi untuk bisa menjadi hos.

Selanjutnya, kamu bisa membuka salah satu dunia yang ada di dalam mode permainan singleplayer di komputer yang berperan sebagai hos.

4. Klik Tombol “Esc” Untuk Menampilkan Menu “Pause”

klik tombol esc untuk menampilkan menu pause

Kamu bisa menampilkan permainan kepada siapa saja yang terhubung ke dalam jaringan lokal dengan menggunakan menu “pause” setelah dunia berhasil dimuat.

Kemudian, kamu bisa menggeser layar hingga kamu bisa melihat pilihan “open to LAN“.

5. Pilih Open to LAN

pilih open to lan

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih pilihan “open to LAN. Setelah langkah ini dilakukan, maka proses pengaturan awal permainan akan dimulai dan menu baru akan ditampilkan.

6. Sesuaikan Pengaturan

sesuaikan pengaturan

Terdapat 3 pilihan mode permainan yang bisa kamu pilih, yaitu “survival”, “adventure”, dan juga “creative”, kamu bisa memilih salah satu diantara 3 pilihan tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan atau mematikan fitur kode cheat. Klik tombol lainnya untuk bisa beralih dari satu opsi ke opsi lainnya.

7. Klik Start LAN World

klik start lan world

Seluruh perangkat komputer lain yang sudah terhubung ke dalam jaringan yang sama tentu saja akan bisa mengakses permainan kamu.

Para pemain lain tentu saja akan bisa melakukan akses ke menu “multiplayer” untuk mencari permainan yang sudah kamu buat sebelumnya.

8. Buka Minecraft di Perangkat Lain dan Klik “Multiplayer”

buka minecraft di perangkat lain dan klik multiplayer

Dalam hal ini kamu harus bisa memastikan bahwa perangkat komputer yang kamu gunakan sudah terhubung ke jaringan yang sama dan bisa menjalankan game Minecraft dengan versi yang sama seperti pada komputer hos.

Game Minecraft selanjutnya akan memindai permainan yang sedang aktif di dalam jaringan. Kemudian, permainan Minecraft yang berasal dari perangkat his akan ditampilkan di dalam daftar.

Jika permainan tidak ditampilkan, maka kamu bisa klik tombol “direct connect” dan kamu bisa masukkan alamat IP lokal komputer hos ke kolom yang tersedia.

9. Pilih Permainan dan Klik Join Server

pilih permainan dan klik join server

Di dalam daftar, kamu akan bisa melihat label “LAN world” diatas nama pemain seperti yang bisa kamu lihat yang ada di gambar diatas.

Jika kamu sudah memilih dan bergabung di dalam game, maka dunia akan ditampilkan dan selanjutnya kamu akan bisa memulai untuk bermain dengan orang lain.

10. Meminta Hos Mengumpulkan Pemain di Satu Lokasi

meminta hos mengumpulkan pemain di satu lokasi

Setelah semua orang berhasil bergabung, maka setiap pemain tentu saja akan berada di satu lokasi yang berbeda-beda.

Tetapi, dalam hal ini orang yang menjadi hos bisa memindahkan setiap pemain ke satu lokasi, supaya bisa bermain dari titik yang sama bersama-sama.

Untuk melakukan hal tersebut ada beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh hos, yaitu sebagai berikut:

Pada perangkat komputer yang menjadi hos, tekan tombol “T” untuk menampilkan jendela obrolan. Kemudian ketika “/tp NamaPemain NamaHos” dan tekan enter.

Setelah kamu melakukan hal tersebut, maka pemain bernama “NamaPemain” akan dipindahkan ke tempat hos berada. Ulangi langkah tersebut untuk memindahkan pemain lainnya.

Dalam hal ini kamu harus memastikan bahwa semua pemain tidur di ranjang yang ada di lokasi pertemuan yang baru tersebut. Sehingga, setiap pemain akan muncul kembali pada titik tersebut jika mati.

Cara Mabar di Minecraft Offline dengan Membuat Server Sendiri

Untuk bisa membuat server sendiri supaya bisa bermain Minecraft dalam mode multiplayer, terdapat beberapa langkah yang perlu kamu lakukan yaitu sebagai berikut:

1. Unduh Berkas Server Minecraft di Hos Komputer

unduh berkas server minecraft di hos komputer

Perlu kamu tahu bahwa dengan membuat server sendiri, maka kamu bisa mempunyai dunia yang sifatnya permanen dan dapat kamu akses oleh kamu dan teman-teman kamu kapan saja.

Server yang akan kamu buat ini tentu saja merupakan server privat, sehingga hanya kamu dan teman-teman kamu yang ada di dalam server tersebut.

Selain itu, hal yang menarik yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa memasang mod pada server yang sudah kamu buat sendiri.

Berkas server game Minecraft ini bisa kamu dapatkan secara gratis melalui minecraft.net/download. Kamu bisa mengunduh berkas minecraft_server.X.X.X.exe yang ada di situs tersebut.

2. Buat Folder Untuk Server Game Minecraft

buat folder untuk server game minecraft

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah memasang semua berkas yang dibutuhkan ke dalam folder penyimpanannya atau folder yang digunakan sebagai tempat untuk berkas servers disimpan.

Dalam hal ini kamu perlu untuk membuat direktori di desktop atau lokasi lain yang mudah untuk diakses dan beri nama folder tersebut dengan “Minecraft Server” atau lainnya.

Kemudian salin berkas minecraft_server.X.X.X.exe ke dalam folder tersebut.

3. Buka Program Server

buka program server

Langkah selanjutnya adalah kamu membuka file yang sudah kamu download sebelumnya yaitu minecraft_server.X.X.X.exe.

Setelah itu kamu kamu akan melihat beberapa berkas yang sudah kamu buat di dalam folder tersebut dan program akan ditutup secara otomatis.

Dalam hal ini kamu tidak perlu merasa khawatir karena ini merupakan hal yang normal.

4. Ubah “Eula=Fasse” Menjadi “Eula=True”

ubah eula fasse menjadi eula true

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu untuk membuka berkas elua.txt. Kamu akan menemukan berkas ini pada folder server Minecraft yang sudah kamu buat tadi.

Simpan perubahan yang sudah kamu lakukan dan tutup berkas setelahnya. Dengan perubahan yang kamu lakukan tersebut, maka kamu menyetujui syarat dan ketentuan program server Minecraft.

5. Jalankan Program Server

jalankan program server

Apabila jendela WIndows Firewall sudah muncul, maka kamu bisa pilih “Allow Access“. Dalam hal ini kamu bisa melihat lebih banyak berkas yang dibuat di ruang atau kolom server Minecraft.

Pada tahapan ini kamu bisa menutup jendela server karena kamu perlu untuk membuat beberapa perubahan tambahan.

6. Klik Kanan Berkas “server.properties” > Pilih “Open With”

klik kanan berkas server properties pilih open with

Pada langkah ini kamu perlu untuk menelusuri notepad pada daftar program yang sudah terpasang di perangkat komputer.

Berkas konfigurasi akan dibuka dan kamu akan dapat membuat perubahan pada berkas konfigurasi tersebut.

7. Ubah “white-list=false” Menjadi white-list=true

ubah white list false menjadi white list true

Langkah berikutnya adalah kamu perlu untuk melakukan perubahan dari “white-list=false” menjadi “white-list=true”.

Perubahan yang kamu lakukan ini tentu saja akan bisa memberikan izin kepada daftar pengguna yang sudah ada.

Dengan demikian, orang lain tidak akan bisa mengakses server yang kamu buat. Sehingga server pun hanya akan tersedia untuk kamu dan orang yang kamu pilih.

Kamu dapat membuat perubahan lainnya pada pengaturan game, namun untuk saat ini, kamu bisa simpan perubahan yang sudah dilakukan dan tutup berkas konfigurasi.

8. Jalankan Server dan Invit Orang Terpilih

jalankan server dan invit orang terpilih

Beberapa nama pengguna game Minecraft yang kamu tentukan bisa kamu tambahkan satu per satu ke dalam daftar izin dengan menggunakan perintah sebagai berikut: “whitelist add NamaPemain“.

9. Lakukan Penerusan Porta 25565

lakukan penerusan porta 25565

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan penerusan pada porta 25565 supaya orang-orang yang kamu pilih bisa terhubung ke server yang kamu buat.

Pada langkah ini, server utama kamu sudah mulai berfungsi dan berjalan dengan baik, serta orang-orang yang kamu masukkan ke daftar sudah bisa terhubung ke server dan mengakses game.

Untuk bisa melakukan konfigurasi server, kamu perlu untuk meneruskan porta, dengan menggunakan beberapa langkah berikut ini:

1Masuk ke peralatan konfigurasi router yang kamu gunakan.Biasanya peralatan ini bisa kamu akses dengan melalui browser dengan mengetik 192.168.1.1 ; 192.168.0.1 atau 192.168.2.1. Tentu saja alamat yang perlu dimasukkan berbeda-beda tergantung router yang digunakan.
2Ketik nama pengguna dan kata sandi administrator router.Dalam hal ini kamu perlu melakukan pemeriksaan manual router untuk mengetahui informasi login bawaab apabila kamu tidak pernah mengubahnya.
3Buka segmen “port forwarding” pada halaman konfigurasi router.Segmen ini mungkin saja berada pada bagian “Advanced” atau “Admin”.
4Buat peraturan baru dengan alamat IP lokal komputer server.Kemudian kamu bisa meneruskan porta 25565, baik itu TCP atau UDP.

10. Akses Google di Komputer Server dan Ketik “my ip”

akses google di komputer server dan ketik my ip

Perlu kamu tahu bahwa alamat IP publik perangkat komputer akan ditampilkan pada bagian atas hasil pencarian. Kamu hanya perlu untuk menyalin atau mencatat alamat IP tersebut.

Kemudian, kamu bisa membagikan alamat IP tersebut kepada teman-teman kamu supaya mereka bisa tersambung ke server yang sudah kamu buat.

Perlu kamu ingat bahwa jika perangkat komputer kamu mempunyai alamat IP yang dinamis (seperti kebanyakan perangkat komputer saat ini), sesekali alamat IP tersebut akan berubah.

Ketika alamat IP tersebut berubah, maka kamu hanya perlu membagikan alamat IP baru kepada teman-teman kamu supaya mereka bisa terhubung ke server.

Tetapi, supaya kamu tidak perlu repot untuk membagikan alamat IP lagi, maka kamu perlu mengatur akun berbayar dengan layanan yang secara otomatis akan meneruskan para pengguna yang melakukan akses nama domain kamu ke alamat IP aktif.

11. Hubungkan Komputer ke Server

hubungkan komputer ke server

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menghubungkan perangkat komputer kamu ke server yang sudah kamu buat sebelumnya.

Pada dasarnya server sudah ada di dalam jaringan, daftar izin yang sudah kamu buat sebelumnya sudah aktif, dan semua porta sudah diteruskan.

Orang-orang yang kamu undang sudah bisa terhubung ke server dengan menggunakan alamat IP yang kamu bagikan, namun kamu perlu menggunakan alamat IP yang berbeda.

Dalam hal ini kamu bisa melakukan akses ke menu “multiplayer” yang ada pada game Minecraft. Kemudian permainan hamu akan di tampilkan di dalam daftar permainan.

Namun, jika tidak muncul, maka kamu bisa pilih tombol “add server”. Apabila kamu menggunakan perangkat komputer yang berbeda, namun masih terhubung ke jaringan yang sama, maka kamu hanya perlu memasukkan alamat IP lokal server.

Apabila kamu bermain di perangkat komputer yang sudah terhubung ke jaringan yang lain, maka kamu bisa menggunakan alamat IP publik server.

Cara Bermain Multiplayer di Minecraft dengan Xbox / PlayStation

Untuk bisa bermain game secara multiplayer di perangkat Xbox atau PlayStation ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Pastikan Menggunakan HDTV

pastikan menggunakan hdtv

Supaya bisa menggunakan fitur berbagi layar atau yang biasanya disebut dengan split screen, maka kamu harus memainkan game Minecraft dalam resolusi visual minimal 720p.

Oleh karena itu kamu membutuhkan HDTV dan juga kabel HDMI atau komponen yang sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

Namun, kamu jangan khawatir karena sebagian besar televisi modern pada saat ini sudah merupakan HDTV dan sudah dilengkapi dengan kabel HDMI.

Sehingga, apabila kamu tidak melihat perubahan yang signifikan pada interface televisi. Jika demikian yang terjadi, maka kamu sudah menggunakan perangkat yang tepat.

Apabila kamu melihat label EDTV pada perangkat televisi yang kamu gunakan, maka perangkat kamu bukanlah merupakan HDTV.

Dalam hal ini kamu perlu untuk mengaktifkan resolusi 720p dengan melakukan akses menu Settings” > “Systems” > “Console Settings” > “Display.

2. Buat Dunia Baru di Xbox atau PlayStation

buat dunia baru di xbox atau playstation

Dalam hal ini kamu bisa memainkan dunia yang sudah tersimpan sebelumnya di dalam mode berbagi layar. Kamu hanya perlu untuk mencentang pada kotak “Online Game”.

Apabila kamu sudah keluar dari akun game Minecraft yang kamu miliki, maka kamu harus masuk kembali ke akun tersebut terlebih dahulu.

3. Klik Tombol “Start” Pada Controller Kedua

klik tombol start pada controller kedua

Tampilan jendela login akan ditampilkan. Dalam hal ini kamu perlu untuk meminta pemain kedua untuk masuk ke akun Minecraft yang dimilikinya dengan menggunakan akun yang sudah ada.

Selain itu, bisa juga dengan menggunakan atau menambahkan akun baru. Kemudian konsol akan secara otomatis menyimpan informasi akun.

Oleh karena itu kamu tidak perlu membutuhkan waktu yang lebih lama ketika akan mengakses akun di masa yang akan datang.

Tinggalkan komentar