Cara Membuat Jebakan (Pintu & Piston) di Minecraft

Jebakan ini merupakan suatu alat atau bangunan yang sengaja dibuat untuk digunakan dalam hal menjebak mobs yang jahat atau yang jahil.

Pembuatan jebakan di Minecraft ini pada dasarnya merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk melindungi diri dari serangan musuh yang akan menyerang.

Pada dasarnya di game Minecraft ini ada 2 jenis jebakan kurungan yang sangat menarik dan akan kita bahas secara lengkap di artikel ini, yaitu jebakan kurungan pintu dan piston.

Oke, tanpa berlama-lama mari kita bahas tentang bagaimana cara membuat jebakan kurungan dan pintu di Minecraft? Dan apa saja bahan yang dibutuhkan?

Cara dan Bahan untuk Membuat Jebakan Pintu

Jebakan pintu adalah sebuah jebakan yang bisa dibilang sangat sederhana yang terbuat dari 4 buah pintu yang akan menutup atau mengurung mobs yang jahat.

Selain terbuat dari pintu, jebakan ini juga terbuat dari beberapa bahan lain yaitu plat tekan dan juga lempeng.

Berbagai bahan yang akan digunakan untuk membuat jebakan pintu ini bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah. Bahkan kamu tidak diwajibkan untuk memakai bahan yang digunakan dalam tutorial ini.

Akan tetapi, kami menyarankan kamu untuk memilih berbagai macam bahan yang kuat dan kokoh seperti pintu besi.

Hal tersebut karena pada saat kamu sedang bermain pada level hard, pintu yang dibuat dengan menggunakan bahan kayu akan sangat mudah dihancurkan oleh mobs zombie.

Oke untuk bisa membuat jebakan pintu yang baik di Minecraft, kamu perlu melakukan beberapa langkah penting, yaitu sebagai berikut:

  • Meletakkan 4 buah pintu menghadap keluar secara melingkar.
cara membuat kurungan di minecraft
  • Letakkan item plat tekan pada bagian tengah dari 4 pintu tersebut.

Fungsi dari meletakkan plat tekan pada bagian tengah ini adalah ketika mobs menekan plat tekan ini, pintu akan secara otomatis menutup atau mengurung mobs.

cara membuat jebakan kurungan pintu di minecraft
  • Terakhir letakkan lempeng pada bagian atas jebakan.

Fungsi dari meletakkan lempeng tersebut adalah untuk menjaga supaya jebakan tertutup lebih rapat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan slab dengan bantuan blok lain yang mudah dihancurkan seperti tanah.

membuat trap pintu di minecraft
  • Selesai

Jebakan pintu yang kamu buat ini nantinya akan tertutup secara otomatis pada saat ada mobs yang menginjak plat tekan yang sudah diletakkan pada bagian tengah jebakan.

Bahan dan Cara Membuat Jebakan Kurungan Piston

Jebakan kurungan piston ini adalah jebakan yang menggunakan piston sekeliling untuk bisa mengurung mobs.

Secara sepintas jebakan kurungan piston ini akan terlihat rata dengan permukaan. Tetapi, pada saat mobs melewatinya, barulah jebakan ini akan terlihat.

Mobs yang terjebak di dalam jebakan ini akan bingung untuk keluar. Hal tersebut karena setiap mobs bergerak, maka piston juga akan bergerak.

Oleh karena itu, mobs tidak mempunyai kesempatan untuk bisa kabur. Untuk membuat jebakan ini, kamu membutuhkan beberapa bahan yaitu piston, pagar, plat tekan, dan lempeng.

Terdapat beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa membuat jebakan kurungan piston ini, yaitu sebagai berikut:

  • Buat lubang dengan border kotak berukuran 5×5 dengan kedalaman dan lebar satu balok.
  • Tempatkan sebanyak 2 pagar pada bagian tengah kotak dengan cara menyusunnya ke atas.
membuat trap piston di minecraft
  • Letakkan sebanyak 9 lempeng di atas pagar secara merata dan menutupi blok yang ada di bawah.
  • Tempatkan 8 buah blok tekan pada blok yang tersisa di dalam lubang.

Fungsi meletakkan blok tekan ini adalah sama seperti pada jebakan kurungan pintu yaitu untuk mengaktifkan piston ketika ditekan oleh mobs yang menginjaknya.

menbuat trap piston untuk mobs di minecraft
  • Langkah terakhir letakkan piston pada lubang yang sudah dibuat di awal.
cara membuat jebakan kurungan piston di minecraft
  • Selesai

Demikianlah merupakan cara yang sangat mudah untuk membuat jebakan kurungan berupa piston dan juga pintu untuk menjebak mobs di Minecraft.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kamu, jika ada kendala teknis ketika melakukan cara tersebut, kamu bisa memberikan komentar di kolom komentar yang ada di bawah.

Tinggalkan komentar