50+ Istilah & Singkatan dalam DoTA 2 | Kamus DoTA 2

Salah satu game MOBA untuk platform PC terbesar dengan peak player ratusan ribu setiap waktunya. Seperti game multiplayer lainnya, ada istilah-istilah yang bisa kamu gunakan saat berkomunikasi dengan rekan satu team.

istilah istilah di dota 2
Team OG lama (MidOne,SumaiL,N0tail,Topson,Saksa)

Gunakan istilah-istilah ini untuk memudahkan kamu bermain dan mendominasi game DoTA 2

  • AFK (away from keyboard): hero yang afk adalah hero yang tidak bergerak
  • Aggro: Menarik perhatian creep agar fokus menyerangmu
  • Ancients: Bangunan utama yang ada di markas Dire & Radiant. Tujuan game ini adalah untuk menghancurkan Ancient lawan.
  • AoE: Area of effect. Skill atau serangan yang memberikan kerusakan di area tertentu (bukan single target).
  • Back/b: Mengajak teman satu tim untuk mundur dari peperangan, entah karena kondisi atau tim musuh menghilang dari map.
  • Backdoor: Strategi di mana satu atau lebih hero akan menyerang gedung tim musuh tanpa menunggu creep.
  • Barracks: Sebuah bangunan yang setelah hancur memberikan HP & Damage ekstra pada creep kita.
  • BKB: Singkatan umum untuk black king bar, salah satu item yang memberikan penggunanya efek spell immune dalam jangka waktu tertentu
  • Bot: Musuh yang dikendalikan komputer / bukan manusia. Bisa dimainkan dalam game kustom dan co-op.
  • Buff: Skill atau efek bermanfaat yang digunakan pada diri sendiri, creep atau rekan satu tim. Kebalikan dari debuff.
  • Burst Damage: Damage besar yang dapat dilakukan dalam periode cepat
  • Buyback: Setelah hero mati, mereka memiliki opsi untuk menghabiskan emas untuk respawn secara instan. Kemampuan buyback memiliki cooldown lama.
  • Carry: Hero yang bisa mengalahkan tim musuh – khususnya di late game.
  • Cooldown: Periode waktu yang dibutuhkan untuk sebuah skill, ability, atau item untuk digunakan kembali.
  • CS/Creep Score: Jumlah last hit yang dimiliki hero
  • Creep: Unit dasar dalam Dota yang muncul dan berjalan setiap menitnya
  • Debuff: Skill atau efek negatif yang digunakan pada lawan. Kebalikan dari buff.
  • Deny: Sengaja membunuh hero / creep teman agar musuh tidak mendapatkan experience dan gold.
  • Dire: Tim Dire dimulai di sisi kanan atas peta.
  • Disable: Skill, efek, atau kemampuan yang mencegah pahlawan musuh bergerak, menyerang, dan melakukan casting skill.
  • Dive: Ketika satu atau lebih hero mengejar musuh, meskipun memasuki area tower
  • DPS: Singkatan dari Damage per second. Jumlah damage yang diberikan tiap detik oleh hero.
  • Farming: Mendapatkan uang dan exp dari creep, sedikit berbeda dengan jungling
  • Fountains: Bangunan yang terletak di setiap spawn, memberikan rege HP dan MP
  • Gank: Ketika satu hero atau sekelompok hero mengejutkan musuh untuk diincar
  • Gold per minute/GPM: gold yang bisa kamu dapatkan setiap menitnya
  • Hard Carry: hero yang lebih lemah di awal hingga pertengahan game tetapi menjadi sangat kuat di tahap akhir game.
  • Hard Lane: Jalur di mana creep jauh dari tower, menciptakan situasi di mana gank lebih mungkin terjadi.
  • Illusions: Bayangan hero yang lebih lemah yang dibuat oleh skill, rune atau item.
  • Jungling: Mendapatkan uang dan exp dari creep yang ada, sedikit berbeda dengan farming
  • KS: Kill steal, mengambil bounty dari orang yang harusnya mengalahkan musuh terutama carry.
  • Mid: Jalur bagian tengah dari tiga jalur di peta.
  • Miss/missing: berarti ada satu atau lebih hero musuh yang hilang di lane
  • Neutral Camps: Tempat dimana neutral creep muncul / spawn
  • Neutral Creeps/NC: Unit yang muncul di hutan yang ada pada peta, digunakan untuk mendapatkan tambahan gold dan exp
  • Offlaner: Hero yang biasanya digunakan untuk hard lane, memiliki durability dan skill untuk bertahan lebih lama
  • Pet: Makhluk yang dapat dipanggil yang akan muncul di sebelah hero. Bisa dilihat di Inventory.
  • Pull/Pulling: Menarik perhatian neutral creep untuk menyerang kita, agar creep yang lewat membantu mengalahkan neutral creep
  • Radiant: Tim Radiant dimulai di sisi kiri bawah peta.
  • Rosh/Roshan: Bisa dibilang bos neutral creep yang memberikan item Aegis, membuat hero hidup 1x setelah dikalahkan.
  • Runes: Booster yang muncul di peta. Ada dua jenis rune, bounty dan rune power-up. Bounty rune memberikan gold sementara power-up rune memberikan buff.
  • Safe Lane: Jalur di mana creep wave berdekatan dengan tower, membuat hero lebih mudah farming dan lebih sulit di-gank
  • Shops: Tempat dimana pemain dapat membeli item.
  • Solo: Menjadi satu-satunya hero di lane tertentu.
  • Stacking: Menumpuk neutral creep. Hal ini terjadi ketika kamp sengaja di-aggro pada waktu tertentu, memaksa creep baru untuk muncul.
  • Support: Hero ini yang memiliki peran utama untuk membantu tim dengan heal, buff (dll). Kadang support juga menjadi pemberi debuff pada musuh
  • Tank: Pahlawan yang kuat untuk menerima damage dalam jumlah besar.
  • Wards: Item yang dapat ditempatkan di peta, memberikan penglihatan (vision) ekstra untuk durasi tertentu.
  • Wipe: Atau dikenal Team Wipe. Ketika satu tim mengalahkan semua hero musuh.
  • Zoning: Memaksa hero musuh menjauh dari zona creep, mencegahnya mendapatkan gold dan experience

Stay positive, hindari toxic yang tidak perlu demi membangun ekosistem yang baik untuk perkembangan komunitas game ini kedepannya.