Istilah di DoTA 2

Salah satu game MOBA untuk platform PC terbesar dengan peak player ratusan ribu setiap waktunya. Seperti game multiplayer lainnya, ada istilah-istilah yang bisa kamu gunakan saat berkomunikasi dengan rekan satu team.

istilah istilah di dota 2
Team OG lama (MidOne,SumaiL,N0tail,Topson,Saksa)

Gunakan istilah-istilah ini untuk memudahkan kamu bermain dan mendominasi game DoTA 2

  • AFK (away from keyboard): hero yang afk adalah hero yang tidak bergerak
  • Aggro: Menarik perhatian creep agar fokus menyerangmu
  • Ancients: Bangunan utama yang ada di markas Dire & Radiant. Tujuan game ini adalah untuk menghancurkan Ancient lawan.
  • AoE: Area of effect. Skill atau serangan yang memberikan kerusakan di area tertentu (bukan single target).
  • Back/b: Mengajak teman satu tim untuk mundur dari peperangan, entah karena kondisi atau tim musuh menghilang dari map.
  • Backdoor: Strategi di mana satu atau lebih hero akan menyerang gedung tim musuh tanpa menunggu creep.
  • Barracks: Sebuah bangunan yang setelah hancur memberikan HP & Damage ekstra pada creep kita.
  • BKB: Singkatan umum untuk black king bar, salah satu item yang memberikan penggunanya efek spell immune dalam jangka waktu tertentu
  • Bot: Musuh yang dikendalikan komputer / bukan manusia. Bisa dimainkan dalam game kustom dan co-op.
  • Buff: Skill atau efek bermanfaat yang digunakan pada diri sendiri, creep atau rekan satu tim. Kebalikan dari debuff.
  • Burst Damage: Damage besar yang dapat dilakukan dalam periode cepat
  • Buyback: Setelah hero mati, mereka memiliki opsi untuk menghabiskan emas untuk respawn secara instan. Kemampuan buyback memiliki cooldown lama.
  • Carry: Hero yang bisa mengalahkan tim musuh – khususnya di late game.
  • Cooldown: Periode waktu yang dibutuhkan untuk sebuah skill, ability, atau item untuk digunakan kembali.
  • CS/Creep Score: Jumlah last hit yang dimiliki hero
  • Creep: Unit dasar dalam Dota yang muncul dan berjalan setiap menitnya
  • Debuff: Skill atau efek negatif yang digunakan pada lawan. Kebalikan dari buff.
  • Deny: Sengaja membunuh hero / creep teman agar musuh tidak mendapatkan experience dan gold.
  • Dire: Tim Dire dimulai di sisi kanan atas peta.
  • Disable: Skill, efek, atau kemampuan yang mencegah pahlawan musuh bergerak, menyerang, dan melakukan casting skill.
  • Dive: Ketika satu atau lebih hero mengejar musuh, meskipun memasuki area tower
  • DPS: Singkatan dari Damage per second. Jumlah damage yang diberikan tiap detik oleh hero.
  • Farming: Mendapatkan uang dan exp dari creep, sedikit berbeda dengan jungling
  • Fountains: Bangunan yang terletak di setiap spawn, memberikan rege HP dan MP
  • Gank: Ketika satu hero atau sekelompok hero mengejutkan musuh untuk diincar
  • Gold per minute/GPM: gold yang bisa kamu dapatkan setiap menitnya
  • Hard Carry: hero yang lebih lemah di awal hingga pertengahan game tetapi menjadi sangat kuat di tahap akhir game.
  • Hard Lane: Jalur di mana creep jauh dari tower, menciptakan situasi di mana gank lebih mungkin terjadi.
  • Illusions: Bayangan hero yang lebih lemah yang dibuat oleh skill, rune atau item.
  • Jungling: Mendapatkan uang dan exp dari creep yang ada, sedikit berbeda dengan farming
  • KS: Kill steal, mengambil bounty dari orang yang harusnya mengalahkan musuh terutama carry.
  • Mid: Jalur bagian tengah dari tiga jalur di peta.
  • Miss/missing: berarti ada satu atau lebih hero musuh yang hilang di lane
  • Neutral Camps: Tempat dimana neutral creep muncul / spawn
  • Neutral Creeps/NC: Unit yang muncul di hutan yang ada pada peta, digunakan untuk mendapatkan tambahan gold dan exp
  • Offlaner: Hero yang biasanya digunakan untuk hard lane, memiliki durability dan skill untuk bertahan lebih lama
  • Pet: Makhluk yang dapat dipanggil yang akan muncul di sebelah hero. Bisa dilihat di Inventory.
  • Pull/Pulling: Menarik perhatian neutral creep untuk menyerang kita, agar creep yang lewat membantu mengalahkan neutral creep
  • Radiant: Tim Radiant dimulai di sisi kiri bawah peta.
  • Rosh/Roshan: Bisa dibilang bos neutral creep yang memberikan item Aegis, membuat hero hidup 1x setelah dikalahkan.
  • Runes: Booster yang muncul di peta. Ada dua jenis rune, bounty dan rune power-up. Bounty rune memberikan gold sementara power-up rune memberikan buff.
  • Safe Lane: Jalur di mana creep wave berdekatan dengan tower, membuat hero lebih mudah farming dan lebih sulit di-gank
  • Shops: Tempat dimana pemain dapat membeli item.
  • Solo: Menjadi satu-satunya hero di lane tertentu.
  • Stacking: Menumpuk neutral creep. Hal ini terjadi ketika kamp sengaja di-aggro pada waktu tertentu, memaksa creep baru untuk muncul.
  • Support: Hero ini yang memiliki peran utama untuk membantu tim dengan heal, buff (dll). Kadang support juga menjadi pemberi debuff pada musuh
  • Tank: Pahlawan yang kuat untuk menerima damage dalam jumlah besar.
  • Wards: Item yang dapat ditempatkan di peta, memberikan penglihatan (vision) ekstra untuk durasi tertentu.
  • Wipe: Atau dikenal Team Wipe. Ketika satu tim mengalahkan semua hero musuh.
  • Zoning: Memaksa hero musuh menjauh dari zona creep, mencegahnya mendapatkan gold dan experience

Stay positive, hindari toxic yang tidak perlu demi membangun ekosistem yang baik untuk perkembangan komunitas game ini kedepannya.

Leave a Comment