Harvest Moon: A Wonderful Life Special adalah permainan simulasi kehidupan yang dikembangkan oleh Natsume dan diterbitkan oleh Marvelous Entertainment. Permainan ini dirilis untuk konsol Nintendo GameCube pada tahun 2004.
Harvest Moon: A Wonderful Life Special memungkinkan pemain untuk mengalami kehidupan di sebuah desa dan mengelola pertanian mereka sendiri, mengembangkan hubungan dengan karakter lain di desa, serta mengeksplorasi dunia yang luas.
Permainan ini sangat populer di kalangan penggemar game simulasi kehidupan dan terus menjadi favorit bagi banyak orang hingga saat ini.
Karakter Harvest Moon: A Wonderful Life Special
Beberapa karakter yang terkenal di antaranya adalah Takakura, Muffy, Celia, Lumina, dan masih banyak lagi.
Pemain / Kalian
Setelah kembali dari kota, kamu langsung menuju ke kampung halamanmu di Forget-Me-Not-Valley.
Di sana, Takakura akan menawarkan untuk mewarisi kebun ayahmu yang selama ini ia rawat sendirian karena usianya yang sudah tua.
Jika kamu menjawab “Yes”, Takakura akan merasa senang dan mengajakmu berkeliling desa.
Takakura
Takakura adalah teman lama ayahmu yang menemukan Forget-Me-Not-Valley secara tak sengaja ketika mereka berkelana.
Kedua pria itu jatuh cinta dengan keindahan tempat tersebut dan memutuskan untuk menetap di sana dan mendirikan sebuah kebun.
Namun, sayangnya ayahmu meninggal, tetapi Takakura memutuskan untuk tetap merawat kebun tersebut.
Kini, Takakura siap membantumu dalam bercocok tanam dan beternak, serta memberikan informasi penting tentang hal-hal tersebut.
Selain itu, dia juga bisa membantumu menjual hasil ternak dan memesan barang yang kamu butuhkan di kota. Jangan lupa, Takakura suka dengan masakan rumah dan dia akan memberimu hadiah Tartan.
Celia
Celia adalah seorang gadis yang memiliki sifat pemalu dan sederhana namun sangat rajin dalam bekerja. Jika kamu mencari pasangan yang cocok untukmu, Celia bisa menjadi pilihan yang tepat.
Ia tinggal di kebun yang dimiliki oleh Vesta dan Marlin, tempat di mana kamu membeli bibit tanaman. Kegemarannya adalah berkebun dan ia sangat mencintai semua jenis tanaman seperti bunga, buah-buahan, dan sayur-sayuran.
Selain itu, ia juga memiliki hobi mengumpulkan koin dan telur. Jangan heran jika kamu menemukan diary-nya yang tersembunyi di tempat tidurnya, karena Celia sangat mencintai dan merawat semua hal yang berhubungan dengan kebun dan tanaman.
Muffy
Ada seorang gadis bernama Muffy yang bisa menjadi calon pasanganmu. Muffy adalah seorang gadis yang ceria dan enerjik, namun sedikit centil.
Sebelumnya, dia pernah mengalami patah hati yang membuatnya merasa putus asa. Namun, saat kamu hadir dalam hidupnya, perasaan itu hilang.
Muffy bekerja di Blue Bar milik Griffin dan memiliki buku diary yang ia sembunyikan di dalam vas bunga di sudut ruangan bar. Ia sangat menyukai segala jenis bunga, susu, koin, serta ore/permata.
Nami
Nami adalah seorang gadis yang awalnya terlihat pendiam, pemalu, dan sedikit kurang ramah ketika pertama kali bertemu.
Namun, jika kamu mendekatinya dan berusaha memahami kepribadiannya, dia dapat menjadi teman yang baik dan menyenangkan.
Awalnya, dia adalah seorang pelancong yang akhirnya memutuskan untuk menetap di Forget-Me-Not-Valley.
Dia sangat menyukai bunga Blue Trick yang hanya tumbuh pada musim dingin, serta Horse Statue, Curry Dish, Human Statue, dan Skull Fossil.
Lumina
Lumina merupakan seorang gadis yang tinggal di sebuah villa yang dimiliki oleh Romana. Selain memiliki penampilan yang menarik, ia memiliki hobi memainkan piano dengan sangat baik.
Menariknya, Lumina juga merupakan salah satu dari beberapa gadis yang bisa dinikahi dalam permainan.
Untuk dapat mengenalnya lebih dekat, kamu perlu bersabar karena dia tidak mudah didekati. Namun, jika kamu berhasil menikahinya, anakmu kelak akan menjadi anak yang berbakat seperti ibunya dalam bermain piano.
Kesukaannya mencakup semua jenis bunga dan ore, sedangkan hadiah yang bisa diberikan kepadanya adalah Sheet Music jika kamu tidak berhasil menikahinya.
Vesta
Vesta, yang merupakan pemilik kebun di sebelah peternakanmu dan saudara dari Marlin, tinggal bersama dengan Lumina dan Marlin.
Walaupun pada awalnya ia mungkin terlihat tidak begitu ramah, sebenarnya ia memiliki hati yang baik dan senang menolong orang lain.
Ia memiliki beberapa kesukaan, antara lain bunga, susu, sayur-sayuran, buah-buahan, dan Curry Dish. Jika kamu berhasil mendapatkan hatinya, ia mungkin akan memberikan hadiah berupa resep masakan dan Weird Hoe yang mungkin akan berguna untuk kebunmu.
Marlin
Marlin adalah saudara kandung dari Vesta. Ketika kamu pertama kali berkenalan dengannya, Marlin mungkin akan menunjukkan sikap sinis, terutama jika kamu dekat dengan Lumina.
Hal ini kemungkinan karena Marlin sangat menyukai Lumina. Namun, jika kamu bisa menjadi teman baik dengan Marlin, sikapnya bisa berubah menjadi lebih ramah dan baik terhadapmu.
Marlin memiliki hobi menyukai sayur-sayuran dan memasak masakan rumah. Jika kamu ingin memberinya hadiah, pilihan yang tepat untuk Marlin adalah Butterfly Record, Veggie Juice (untuk game Gamecube), atau Rakun (untuk game Gamecube).
Tim
Tim adalah pemilik Inner Inn, sebuah penginapan di Forget-Me-Not-Valley. Dia tinggal bersama istri Ruby dan anaknya, Rock.
Sebelum menetap di kota itu, mereka berkeliling dunia bersama. Jika kamu berteman dengannya, Tim suka menceritakan pengalaman dan cerita saat melancong dulu.
Selain itu, Tim juga memiliki hobi memancing dan suka makan sayur-sayuran. Jika kamu memberinya hadiah, ia akan senang menerima “Strange Hoe”.
Ruby
Ruby, yang merupakan istri dari Tim, adalah seorang ibu yang memiliki sifat lembut dan ramah. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya di dapur Inner Inn, di mana ia memiliki keahlian dalam memasak dan mampu menciptakan bumbu spesial yang lezat.
Ruby sangat menyukai bunga, susu, mentega, ore, dan masakan rumah. Jika ingin memberinya hadiah, maka memberinya resep makanan atau bumbu masakan khusus buatannya, yaitu Ruby’s Spices, bisa menjadi pilihan yang tepat.
Rock
Rock adalah seorang anak yang tinggal di kamar atas Inner Inn bersama orang tuanya, Tim dan Rock. Ia termasuk sosok yang sangat aktif dan sering menghabiskan waktu di luar rumah.
Salah satu kebiasaannya adalah menantang penduduk desa untuk berpartisipasi dalam lomba minum susu, terutama jika kamu menjadi lawannya.
Ia memiliki beberapa kesukaan seperti bunga, jamur, koin, susu, dan keju. Jika kamu berhasil memenangkan hatinya, ia akan memberikanmu hadiah berupa Flowerbud Fall Record.
Griffin
Griffin adalah pemilik Blue Bar, sebuah tempat di mana ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja. Selain itu, ia memiliki hobi bermain gitar seperti Gustafa.
Jika kamu berteman dengannya, ia mungkin akan memberikanmu piringan hitam sebagai hadiah, yang bisa kamu mainkan.
Griffin memiliki beberapa kesukaan, seperti bunga, koin, telur, dan ikan. Jika kamu berhasil membuatnya senang, ia mungkin akan memberikan hadiah berupa rekaman Marine Jazz.
Galen
Galen dan istrinya, Nina, tinggal di tengah desa dan sehari-harinya Galen hanya berjalan-jalan di sekitar desa.
Namun, setelah Nina meninggal pada tahun kedua, Galen berencana untuk pindah ke bukit kecil di sebelah kebun milik Vesta.
Sayangnya, pada saat itu ia akan menjadi sangat putus asa dan temperamental terhadap siapa pun. Namun, pada tahun ketiga, Galen akan kembali menjadi ceria karena telah melupakan kesedihannya.
Selain itu, Galen sangat menyukai ikan, sayur-sayuran, dan buah-buahan, meskipun tidak disarankan memberikannya pada tahun kedua. Sebagai hadiah, Fishing Pole mungkin bisa menjadi pilihan yang baik untuk Galen.
Nina
Nina adalah istri dari Galen yang memiliki kepribadian yang sangat ramah dan mudah bergaul dengan siapapun.
Namun, sayangnya karakternya tidak dapat bertahan lama karena dia meninggal pada tahun kedua pernikahannya.
Selain itu, Nina juga cukup pandai dalam hal memasak. Ia memiliki hobi menyukai bunga dan jika ingin memberikan hadiah kepadanya, maka resep masakan akan menjadi pilihan yang tepat.
Wally
Wally adalah seorang mantan pelari marathon yang gemar berlari di sekitar desa dan mudah ditemui di sana.
Ia memiliki seorang istri bernama Chris dan seorang anak laki-laki bernama Hugh. Wally memiliki semangat yang tinggi dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan.
Ia juga memiliki beberapa kesukaan, seperti telur, susu, ikan, dan koin. Selama karirnya sebagai pelari marathon, Wally telah menerima beberapa hadiah, termasuk Wool Clipers dan medali.
Chris
Chris adalah istri dari Wally dan ibu dari Hugh. Ia bekerja di luar kota dan biasanya pulang pada sore hari setelah menyelesaikan pekerjaannya.
Meskipun sibuk dengan pekerjaannya, Chris tetap terkenal sebagai sosok yang periang dan mudah bergaul dengan siapa saja.
Beberapa hal yang disukainya adalah bunga, susu, dan buah-buahan. Jika ingin memberikan hadiah kepadanya, The Bride Record bisa menjadi pilihan yang tepat.
Hugh
Hugh adalah putra dari Wally dan Chris. Seiring dengan berjalannya waktu, dia akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang membuatnya semakin mirip dengan ayahnya yang penuh semangat.
Namun, meskipun demikian, kadang-kadang dia terlihat sedikit rentan ketika ditemukan menangis sendirian di tengah desa.
Hugh sangat menyukai susu dan koin, dan hadiah yang akan diberikan kepadanya masih menjadi misteri, meskipun ada kemungkinan akan berupa rekaman.
Romana
Romana adalah seorang wanita tua yang tinggal di villa mewah yang terletak di ujung desa. Selain itu, ia juga merupakan nenek dari Lumina.
Ia memiliki kekayaan yang melimpah, namun ia memiliki sifat dermawan dan baik hati. Oleh karena itu, tak mengherankan jika kamu akan diberikan berbagai hadiah yang bervariasi oleh Romana.
Beberapa kesukaannya antara lain adalah bunga, koin, susu, dan buah-buahan. Sedangkan hadiah yang dapat kamu terima dari Romana termasuk Watering Can W, Musik Sheet (jika kamu menikah dengan Lumina), serta seekor kucing.
Sebastian
Sebastian merupakan pembantu yang setia bekerja untuk Romana dan Lumina. Ia memiliki sifat baik dan ramah terhadap semua orang, termasuk pada orang yang baru dikenal seperti dirimu.
Ia juga memiliki keahlian sebagai koki yang handal dan mungkin akan menunjukkan kemampuannya dalam memasak kepada mu.
Selain itu, Sebastian memiliki beberapa kesukaan seperti mengumpulkan koin, patung kuda, fosil, patung manusia, dan menyukai makanan. Jika kamu memberinya hadiah Town Spirit, dia pasti akan senang dan menghargainya.
Daryl
Daryl adalah seorang ilmuan yang unik dan tinggal di sebuah rumah eksperimental dekat Blue Bar di Forget-Me-Not-Valley.
Dia sangat fokus pada pekerjaannya dan mengabaikan waktu tidurnya setiap harinya hanya untuk melakukan percobaannya.
Jika kelelahan, ia menghilangkan kepenatannya dengan berjalan-jalan di sekitar desa. Daryl memiliki beberapa kesukaan, seperti ikan, telur, keju, koin, dan fossil. Jika Anda berhasil menjadi teman baiknya, ia akan memberikan Anda Seed Maker sebagai hadiah.
Gustafa
Gustafa adalah seorang pujangga yang tinggal di sebuah pondok kecil yang terletak di dekat pantai. Dia menjalani kehidupan yang santai dan bebas.
Gustafa memiliki bakat yang luar biasa dalam bermain musik, terutama memainkan gitar. Selain itu, dia juga terkenal ramah dan mudah bergaul dengan orang lain.
Gustafa sangat menyukai bunga, koin, patung, permata, dan memasak. Di antara banyak hal yang ia sukai, ia sangat menghargai Tumtum sebagai hadiah yang sangat berarti baginya.
Carter
Carter adalah seorang arkeolog yang bertugas di situs penggalian dekat air terjun. Dia tinggal di tenda kecil bersama dengan asistennya, Flora.
Jika kamu tertarik untuk menambang di sana, kamu perlu berbicara dengan Carter terlebih dahulu sebelum memulai penambangan.
Tujuan utama penambangan tersebut adalah mencari tablet-tablet kuno yang tersembunyi di dalam tambang.
Selain itu, beberapa makanan yang disukainya adalah susu, keju, ikan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Sebagai hadiah, Carter memberikan sebuah Chihuahua untuk dimainkan di Gamecube.
Flora
Flora adalah asisten pribadi Carter yang terampil dan cakap dalam membantu pekerjaannya. Meskipun Flora memiliki penampilan yang cantik, namun kehidupannya terkesan suram dan membosankan.
Setiap harinya, tugas utamanya adalah membantu Carter mencari tablet yang hilang. Selain itu, Flora memiliki beberapa kesukaan, seperti ikan, keju, mentega, fossil, dan patung. Namun, tidak diketahui mengapa ia mencantumkan ‘Necklace’ dalam daftar haidah-nya.
Cody
Ketika kamu pertama kali bertemu dengannya, mungkin terlihat bahwa dia kurang ramah dan terkesan seperti orang yang tidak baik.
Namun, sebenarnya jika kamu berkesempatan untuk berteman dengannya, dia akan menunjukkan sisi baiknya yang sebenarnya.
Dia juga memiliki bakat dalam seni dan cukup handal dalam melakukannya. Tempat tinggalnya berada di sebuah karavan yang terbuat dari logam di pojok desa.
Dia sering berpikir dan mencari inspirasi di sekitar rawa dan pantai. Dia memiliki beberapa kesukaan seperti bunga, telur, fossil, dan ore.
Jika kamu memberikan hadiah padanya, Strange Sickle, Piece of Art, atau kura-kura Gamecube akan menjadi pilihan yang tepat.
Kassey
Kassey adalah kembaran Patrick yang bekerja bersama Patrick setiap hari untuk membuat kembang api. Kassey sangat menyukai warna biru dan memiliki hobi seperti merawat bunga, memelihara ikan, mengumpulkan ore, dan minum susu.
Selain itu, Kassey diam-diam merasa tertarik pada Muffy. Kassey akan sangat senang jika diberi hadiah 64 Memories Record.
Patrick
Patrick adalah saudara kembar dari Kassey yang memiliki perbedaan dalam hal preferensi warna. Berbeda dengan Kassey yang tidak menyukai warna hijau.
Patrick justru sangat menyukai warna tersebut. Selain itu, beberapa hal yang disukai oleh Patrick antara lain adalah bunga, ikan, ore, dan susu.
Dr.Hardy
Setiap minggu, Dr. Hardy selalu melakukan kunjungan rutin ke villa Romana untuk memeriksa kesehatannya.
Namun, pada tahun kedua, ia berencana untuk pindah ke sebuah rumah yang berdekatan dengan Blue Bar.
Dr. Hardy adalah seorang individu yang baik hati dan senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain.
Karena itu, mungkin ia juga akan memberikan beberapa tips bermanfaat kepada Anda untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.
Selain itu, Dr. Hardy memiliki beberapa hobi seperti mengoleksi ikan, koin, dan fosil. Jika Anda beruntung, ia mungkin akan memberikan hadiah kepada Anda seperti “Weird Sickle”.
Grant
Grant akan pindah ke desa bersama keluarganya pada akhir tahun kedua. Setiap hari, dia akan bekerja di luar kota dan kembali pada malam hari.
Kehidupannya sangat sibuk dan padat. Dia menyukai produk-produk susu, telur, dan ikan. Sebagai hadiah, ia memilih jam alarm untuk membantunya bangun pagi-pagi.
Samantha
Samantha merupakan istri dari Grant, dan mereka memiliki seorang anak perempuan yang bernama Kate.
Dia adalah sosok yang mudah bergaul dengan penduduk desa, dan sering terlihat berkeliling untuk berinteraksi dengan mereka.
Selain itu, Samantha memiliki beberapa kesukaan, di antaranya adalah bunga, susu, dan sayur-sayuran.
Kate
Kate merupakan anak dari pasangan Grant dan Samantha. Ia senang bergaul dengan penduduk desa, seperti halnya ibunya yang juga memiliki kesukaan yang sama.
Kate memiliki ketertarikan pada bunga, koin, dan ore. Suatu kali, Kate berhasil meraih penghargaan Winter HM Record sebagai hadiah atas prestasinya.
Mukumuku
Setiap musim dingin, akan muncul makhluk lucu yang sangat menyukai ikan. Makhluk ini menjadi incaran Daryl, seorang ilmuwan aneh yang telah lama mencarinya.
Namun, makhluk tersebut sangat cerdik sehingga sulit ditangkap oleh Daryl. Makhluk tersebut memiliki beberapa kesukaan, seperti bunga, ikan, dan telur.
Jika berhasil ditangkap, makhluk ini akan memberikan hadiah berupa rekaman Joy of Fall Record.
Murrey
Murrey sebenarnya bukanlah penduduk asli Forget-Me-Not Valley. Dia tersesat dan akhirnya terdampar di desa tersebut karena uangnya habis untuk pulang.
Karena keadaan tersebut, ia terpaksa hidup sebagai gelandangan di desa tersebut. Namun, perlu diingat bahwa Murrey memiliki kecenderungan untuk mencuri makananmu.
Meskipun begitu, jika kamu memberikan bantuan kepadanya, apakah ia akan tetap tinggal di desa atau pergi mencari peruntungan lainnya? Selain itu, Murrey sangat gemar makanan dan uang.
Van
Van adalah seseorang yang memiliki hobi mengumpulkan benda-benda unik dari luar kota. Dia sangat tertarik dengan barang-barang yang dianggap tidak berguna bahkan jika dijual dengan harga murah.
Van biasanya pergi ke desa pada tanggal 3 dan 8 setiap bulannya untuk membeli atau menjual barang-barang dari desa tersebut.
Selain itu, ia juga sering mengunjungi villa Romana untuk melihat-lihat koleksi barang-barang yang ada di sana. Koin dan telur menjadi benda-benda yang paling disukai oleh Van.
Hadiah Penduduk
Tulisan berikut menjelaskan fungsi dari beberapa item dalam permainan, yaitu Ruby’s Spice, Seed Maker, dan Horse, pada level 1-6.
Ruby’s Spice berfungsi sebagai pelengkap bumbu masakan Curry, Hot Curry, dan Mushroom Curry di Main Dish.
Untuk mendapatkan bumbu ini, pemain harus berteman dengan karakter Ruby dan memberinya milk, egg, fish, Flower, Ore, dan masakan setiap hari. Ruby biasanya bisa ditemukan di dapur inner inn pada pukul 1.30 atau 3.30 sore.
Sementara itu, Seed Maker berguna untuk mengubah 1 Crop menjadi 2 Seed. Untuk memilikinya, pemain perlu berteman dengan karakter Darly dan memberinya egg, coin, fossil, dan fish setiap hari.
Darly biasanya berada di Labnya pada pukul 1.00 siang. Namun, perlu diingat agar tidak menempatkan Seed Maker di menu order dan tidak memberikan hadiah saat Darly sedang melipat tangannya tanpa berjalan.
Terakhir, Horse hanya tersedia pada musim panas (meskipun ada rumor yang mengatakan bisa didapat pada musim gugur).
Pemain bisa memesan atau menjual barang sebelum pukul 5 pagi dan menunggu Takakura pulang dari kota untuk mendapatkan kuda secara gratis.
Terdapat tiga warna kuda yang tersedia (coklat, oren, dan putih). Namun, jika warna yang diinginkan tidak tersedia, pemain bisa me-load kembali permainan.
Fungsi: Ditunggangi
Fungsi dari Blue Partner adalah sebagai kendaraan yang dapat ditunggangi. Saya mendapat Blue Partner pada musim panas lalu dan ketika saya tidur, Peri Harvest memberikan Blue Partner tersebut kepada saya. Setelah saya bangun, saya meletakkannya di dalam lemari.
Fungsi: Untuk melamar wanita saat heartnya 4
Jika ingin melamar wanita yang Heartnya bernilai 4, maka Anda dapat berteman dengan Cody terlebih dahulu.
Selanjutnya, berikanlah Cody bunga, fosil, telur, dan hidangan setiap harinya. Pastikan juga untuk memasuki rumahnya tepat pada pukul 9 pagi.
Setelah itu, Anda dapat melakukan langkah-langkah selanjutnya untuk melamar wanita yang Anda tuju.
Fungsi: Potong tanaman 1 petak, potong rumput 9 petak dan lebih hemat tenaga dari Light sickle
Wool Clippers adalah seseorang yang berteman dengan Wally. Setiap harinya, dia memberikan susu, telur, koin, dan makanan kepada Wally.
Dia biasanya masuk ke rumah Wally sekitar pukul 8.30 pagi setelah berlari pagi atau mengambil air dari sumur, dan juga masuk lagi sekitar pukul 9.50 malam, jangan memberinya hadiah saat ia lari.
Fungsi: Untuk di dalam rumah agar terdengar musiknya jika kita di dekat Fram
Untuk memenangkan permainan Territory Capture sebanyak 10 kali, Anda perlu merekam 64 memori atau strategi yang efektif.
Dengan merekam dan mengingat strategi-strategi tersebut, Anda dapat meningkatkan kemungkinan untuk memenangkan permainan sebanyak 10 kali.
Fungsi: Untuk di dalam rumah agar terdengar musiknya jika kita di dekat Fram
Untuk meningkatkan semangat kota, Anda dapat berteman dengan Sebastian dan memberinya berbagai hadiah seperti patung, fosil, koin, ikan, telur, susu, dan makanan setiap hari.
Selain itu, cobalah untuk mengunjungi kamarnya pada pukul 5 pagi atau 2 siang dan berbicara dengannya untuk menjalin hubungan yang lebih baik. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kota secara keseluruhan.
Fungsi: Untuk di dalam rumah agar terdengar musiknya jika kita di dekat Fram
Untuk merekam The Bridge, kamu bisa berteman dengan Crish dan memberinya hadiah seperti bunga, telur, susu, serta memasak makanan untuknya setiap hari.
Selain itu, kamu juga dapat mengobrol dengannya pada saat dia berada di rumahnya pada pukul 6 pagi atau ketika dia sedang berjalan menuju kota atau menuju rumahnya. Dengan begitu, kamu akan dapat merekam The Bridge dengan lebih jelas dan detail.
Fungsi: Untuk di dalam rumah agar terdengar musiknya jika kita di dekat Fram
Untuk merekam kebahagiaan musim gugur, Anda dapat berteman dengan mukumuku dan memberinya 3 bunga, 3 ikan, dan 3 telur setiap hari.
Selain itu, selama musim dingin, Anda dapat berbicara dengannya ketika ia berada di musim semi untuk mendapatkan catatan kebahagiaan ini setiap hari.
Fungsi: Untuk di dalam rumah agar terdengar musiknya jika kita di dekat Fram
Untuk merekam Marine Jazz, kamu bisa berteman dengannya terlebih dahulu. Berikan dia beberapa hadiah seperti trik blue, koin, bijih, telur, dan makanan setiap hari.
Kamu juga bisa berbicara dengannya di kamar pada pukul 10 pagi atau pukul 2.05 siang. Namun, hindari memberinya hadiah saat dia sedang membersihkan meja di bar.
Fungsi: Untuk di dalam rumah agar terdengar musiknya jika kita di dekat Fram
Untuk mencatat kejatuhan kuncup bunga, Anda dapat membangun persahabatan dengan Rock dengan memberinya hadiah seperti mist moon, mainan bunga, makanan, patung, keju atau mentega yang baik, koin, dan memberi makan setiap hari.
Anda juga dapat berbicara dengannya di kamarnya pada pukul 00.00 siang. Jika ingin mempercepat proses persahabatan, berikan keju atau mentega yang baik atau hidangan kari, dan pastikan Anda telah mengalahkannya lebih dari 10 kali dalam game minum susu.
Fungsi: Untuk di dalam rumah agar terdengar musiknya jika kita di dekat Fram
Ore berhasil memenangkan pertandingan Capture the Territory melawan Kassey.
Fungsi: Jual, simpan, dihadiahkan dan ditunjukkan ke anak
Setiap hari, berikan bunga kepada Nina, Ruby, dan Vesta. Bertemu dengan Vesta dan Nina di rumah mereka, sedangkan Ruby bertemu di dapur Inner Inn.
Ini adalah resep masakan yang melibatkan tiga orang bernama Nina, Ruby, dan Vesta yang disertai dengan memberikan bunga kepada mereka setiap hari dan bertemu dengan mereka di lokasi yang berbeda.
Vesta dan Nina akan bertemu di rumah masing-masing, sementara Ruby akan bertemu di dapur Inner Inn.
Fungsi: Dipelajari
Ini adalah aturan untuk siswa kelas 2 hingga kelas 6, yaitu harus memasuki bangunan sekolah pada pukul 5 pagi. Sebagai pengingat, tidak diperlukan untuk membawa teman saat memasuki bangunan tersebut.
Fungsi: Dipelajari
Dalam pertemanan dengan Murrey, kamu memberinya uang ketika dia meminta-minta di jembatan atau pantai. Namun, kemudian Murrey menolak uangmu.
Selain itu, ketika kamu berada di luar rumah antara jam 10 pagi hingga 4 sore, Murrey memberikanmu hadiah berupa barang tambang seperti bola giok, bijih Hop, patung manusia, dan lain-lain.
Fungsi: Jual, simpan, hadiah dan ditunjukkan ke anak
Jika Anda berteman dengan Van dan memberinya hasil dari situs galiannya pada tanggal 3 dan 8 setiap bulannya, Anda akan mendapatkan diskon dan harga ketiga pada pembelian kambing dan beruang teddy.
Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk menawar barang yang dijual dengan harga di atas 100G sampai 2 kali, dimana harga awal dapat diturunkan menjadi harga ke-2 dan kemudian harga ke-3.
Sebagai contoh, ketika membeli barang dari Hugh Sharshak seharga 2500G, Anda bisa menawar hingga 3000G atau bahkan 3600G setelahnya.
Fungsi: Harga murah
Resep baru setiap tahun, penemu belum diketahui. Jenis ore berubah dengan kemenangan. Ada hewan pelengkap dalam game yang tidak bisa dipelihara dan sebaiknya memberikan hadiah sebelum men-talk.
Ciri-ciri sudah bersahabat dengan penduduk
Dia akan tersenyum dan mengajak ngobrol dengan kita secara spontan setelah mengenal lebih lanjut. Obrolannya lebih akrab dan kita sudah berinteraksi dengannya dalam event, cut scene, dan diberikan hadiah serta resep.
Resep
Untuk membuka menu dessert dan entree, masaklah 23-25 kali di menu soup atau salad. Sedangkan, untuk membuka menu main dish, tambahkan 15 kali masakan dari menu soup, salad, dessert, atau salad.
- Salad = 1 turnip
- Soup = 1 yam
- Entree = 1 fish
- Dessert = 1 yam
Salad
Masakan | Bahan | Harga |
---|---|---|
Dhibe Salad | Dhibe, Tomato, Berrytoma | 35G |
Egg Salad | Egg, Tomato, Gretoma | 25G |
Fruit Salad | Tomato, Fruit, Fruit | 40G |
Mellow Salad | Melotoma, Dhilon, RT 02 | 35G |
Melon Salad | Melon, Tomato, Trady | 25G |
Potamelo Salad | Potamelo, Tomato, Berrytoma | 35G |
Rare Salad | RC 01-09, Tomato, Dhilon | 350G -> 420G |
Red Salad | Tomato, Trady, Dhibe | 35G |
Shiny Salad | RC 18-21, Apple, Orange | 200G -> 240G |
Tomacarro Salad | Carrot, Tomato | 35G |
Tomamelo Salad | Melon, Tomato | 35G |
Good Pickles | RC 14, RC 22 | 60G |
Light Pickles | Turnip | 25G |
Pickles 1 | Trady, Raury | 25G |
Pickles 2 | Cabber | 25G |
Marinade | Mugwort, Tomato/Turnip, Fish | 35G |
Red Veggie | RC 18, Tomato, Trady | 35G |
Soups
Makanan | Bahan | Harga |
---|---|---|
Earth Soup | Carrot + Potato | 100G |
Good 4 U Soup | RC 08 + RC 17 + RC 14/23/24 | 400G -> 480G |
Good Soup | Fish + Turnip + Bashota | 250G -> 300G |
Potato Soup | Potato + Hackberry + Mugwort | 100G |
Super Soup | RC 10-13 + RC 18-21 | 400G -> 480G |
Tomatoma Soup | Carrot + Tomato | 90G |
Yam Soup | Yam | 110G -> 132G |
Fish Stew | Potato + Fish + Turnip | 250G -> 300G |
Rare Stew | RC 01 + Milk + RC 02 | 400G -> 480G |
Stew | Potato + Milk + Carrot | 200G -> 240G |
Entrees
Makanan | Bahan | Harga |
---|---|---|
Fried Mushroom | Matsutake, Turnip, Butter | 80G |
Fried Nuts | RC 03, Potato, Butter | 70G |
Fried Veggie | Tomato, Carrot, Butter | 70G |
Grape Pie | Grape, Egg, Butter | 50G |
Melon Pie | Melon, Egg, Butter | 50G |
Strawberry Pie | Strawberry, Egg, Butter | 50G |
Red – Hot Pie | RT 06, Egg, Butter | |
Sashmi | Fish | 150G -> 180G |
Sashmi (S) | Fish, Fish | 200G -> 240G |
Mixed Fry | Fish, Hackberry, RC 4/9 | 95G |
Shiny Stir-Fry | Turnip, RC 18-21, Butter | 450G -> 540G |
Shiny Tempura | Fish, RC 18-21 | 450G -> 540G |
Dancing Tempura | RC 10-13, RC 22, RC 23 | 450G -> 540G |
Tempura | Yam, Hackberry, Mugwort | 80G |
Smooth Veggies | Potato, Carrot, Turnip | 175G -> 210G |
Desserts
Makanan | Bahan | Harga |
---|---|---|
Carrot Cake | Carrot + Egg + Milk | 180 |
Dhibe Cake | Dhibe + Egg + Milk | 2010 |
Pound Cake | Butter + Egg + Milk | 210 |
Strawberry/Short Cake | Strawberry + Egg + Milk | 228 |
Veggie Cake | Tomato + Egg + Milk | 180 |
Ice Cream | Brown Milk + Star Milk | 132 |
Kashry Sherbet | Brown Milk + Star Milk + Kashry | 180 |
Fruit Juice | Fruit + Fruit + Milk | 50 |
1 Good Juice | Tomato + Gretoma + Apple | 60 |
2 Good Juice | Orange + Peach + RC 01 | 100 |
3Good Juice | Orange + Peach + RT 2 | 420 |
Juice DX | RC 01/06 + Carrot + Orange | 480 |
Orahge Juice | Orahge | 75 |
Rich Juice | Star Milk + Banana + Peach | 75 |
Veggie Juice | Tomato + Berrylon/Gretoma + Carrot | 50 |
Vacation Juice | Orange + Peach + RC 01 | 60 |
Battel Juice | Tomato + Gretoma + RC 01 | 360 |
Magenge Jam | Megenge | 45 |
Phurum Jam | Phurum | 40 |
Grilled Yam | Yam | 75 |
Super Yam | RC 16 | 480 |
Cocktail | Phuju + Melotoma | 228 |
Love Cocktail | Grape + Watermelon | 240 |
Sweet Cocktail | Gehju + Oraphu | 240 |
Sour Cocktail | Grape + RT 09 | 480 |
Peach Tart | Peach + Egg + Butter | 150 |
Short Tart | RT 08 + Egg + Butter | 150 |
Plup Tart | RT 01 + Egg + Butter | 150 |
Fruit Punch | Fruit + Fruit + Fruit | 180 |
Tropical Punch | RT 04 + RT 05 + RT 07 | 210 |
Dancing Dessert | Apple + RC 10-13 + RT 01-09 | 420 |
Sweet Potato | Yam + Egg + Butter | 180 |
Main Dishes
Makanan | Bahan | Harga |
---|---|---|
Adult Salad | RC 22 (600G -> 720G) | 720G |
Baked Tataro | Tataro + Egg + RC 23/24 (125G -> 150G) | 150G |
Bean Bowl | RC 07 (150G -> 180G) | 180G |
Mountain Bowl | RC 09 + Mugwort + Matsutake (150G -> 180G) | 180G |
Curry | Potato + Carrot + Ruby’s Spice | 240G |
Hot Curry | Carrot + RC 11 + Ruby’s Spice | 300G |
Mushroom Curry | Potato + Hackberry + Ruby’s Spice | 240G |
Fish Set | RC 23/24 + Fish | 300G |
Meuniere Set | Fish + Butter | 300G |
Gratin | Milk + Butter + Cheese | 240G |
Mushroom Gratin | Butter + Milk + Matsutake | 180G |
Mushroom Pasta | Cady + RC 14 | 270G |
Veggie Pasta | RC 04 + Tomato + Mugwort | 240G |
Mixed Veggies | Potato/Berrican + Egg + RC 07 | 180G |
Omelet | Egg + Butter | 240G |
Rootbaisse | Carrot + RC 23/24 | 150G |
Makanan | Bahan | Musim |
---|---|---|
Gretoma | Tomato + Watermelon | Spring-Fall |
Berrytoma | Tomato + Strawberry | Spring-Fall |
Melotoma | Tomato + Melon | Spring-Fall |
Berryber | Watermelon + Strawberry | Spring-Summer |
Melober | Watermelon + Melon | Spring-Summer |
Berrylon | Melon + Strawberry | Fall-Spring |
Radita | Turnip + Potato | Winter-Summer |
Cady | Turnip + Carrot | Winter-Summer |
Kandy | Turnip + Yam | Winter-Summer |
Tataro | Potato + Carrot | Winter-Summer |
Bashota | Potato + Yam | Winter-Summer |
Kanro | Yam + Carrot | Summer-Fall |
Trady | Turnip + Tomato | Spring-Fall |
Tobatama | Potato + Tomato | Spring-Fall |
Tomaca | Carrot + Tomato | Spring-Fall |
Yamato | Yam + Tomato | Spring-Fall |
Raury | Turnip + Watermelon | Spring-Summer |
Bashber | Potato + Watermelon | Spring-Summer |
Cabber | Carrot + Watermelon | Spring-Summer |
Kashry | Yam + Watermelon | Spring-Summer |
Dhibe | Strawberry + Turnip | Fall-Spring |
Paberryta | Strawberry + Potato | Fall-Spring |
Caberry | Strawberry + Carrot | Fall-Spring |
Berrican | Strawberry + Yam | Fall-Spring |
Dhilon | Turnip + Melon | Summer-Fall |
Potamelo | Potato + Melon | Summer-Fall |
Camelo | Carrot + Melon | Summer-Fall |
Sholo | Yam + Melon | Summer-Fall |
Hybrid Trees
Makanan | Bahan | Musim |
---|---|---|
Appage | Banana + Apple | Fall |
Gehju | Banana + Grape | Summer |
Jurum | Peach + Grape | Fall |
Lanmuge | Peach + Orange | Fall |
Magerum | Peach + Banana | Winter |
Magenge | Orange + Banana | Summer |
Orahge | Orange + Gehju | Summer |
Oraphu | Orange + Apple | Spring |
Phuju | Apple + Grape | Summer |
Phurum | Apple + Peach | Fall |
Rare Crop
RC | Team | Musim |
---|---|---|
01 | Cabber + Raury | Spring |
02 | Gretoma + Berrylon | Spring |
03 | Tomaca + Melotoma | Summer |
04 | Bashber + Kashry | Summer |
05 | Dhilon + Camelo | Fall |
06 | Cady + Kanro | Spring |
07 | Kanro + Kandy | Summer |
08 | Cabber + Kanro | Fall |
09 | Tobatama + Bashber | Fall |
10 | Berrylon + Dhibe | Spring |
11 | Dhibe + Dhilon | Summer |
12 | Dhilon + Caberry | Fall |
13 | Cabber + Caberry | Winter |
14 | Kanro + Radita | Summer |
15 | Tataro + Cady | Spring |
16 | Yamato + Kashry | Fall |
17 | Kandy + Cady | Winter |
18 | Trady + Berrylon | Spring |
19 | Cabber + Berrylon | Summer |
20 | Caberry + Berrylon | Fall |
21 | Camelo + Berrylon | Winter |
22 | Radita + Kandy | Spring |
23 | Raury + Sholo | Summer |
24 | Raury + Sholo | Summer |
Rare Tree
RT | Season | Combinations |
---|---|---|
01 | Winter | Jurum + Phurum |
Jurum + Phuju | ||
Phuju + Phurum | ||
02 | Summer | Gehju + Lanmuge |
Magerum + Orahge | ||
Jurum + Magenge | ||
03 | Winter | Appage + magenge |
Appage + Oraphu | ||
Magenge + Oraphu | ||
04 | Summer | Lanmuge + Magenge |
Magenge + Magerum | ||
Magerum + Lanmuge | ||
05 | Fall | Appage + Lanmuge |
Magenge + Phurum | ||
Magerum + Oraphu | ||
06 | Fall | Appage + Orahge |
Gehju + Oraphu | ||
Magenge + Phuju | ||
07 | Summer | Appage + Jurum |
Gehju + Phurum | ||
Magerum + Phuju | ||
08 | Fall | Gehju + Jurum |
Gehju + Orahge | ||
Jurum + Orahge | ||
09 | Spring | Orahge + Phurum |
Jurum + Oraphu | ||
Lanmuge + Phuju |
Fungsi RC dan RT
- RC2: Jika RC2 ditanam seperti sebuah jam yang menghipnotis, mungkin maksudnya adalah RC2 akan memberikan efek yang menenangkan atau menenangkan seperti saat melihat jam. Namun, penjelasan ini kurang jelas. Sebaiknya ditambahkan deskripsi tentang bagaimana RC2 memberikan efek yang menenangkan.
- RC4: Jika RC4 ditanam dan disiram, maka RC4 akan menyebar ke sekitarnya dan harganya mahal. Namun, penjelasan ini juga tidak cukup jelas. Sebaiknya ditambahkan informasi tentang jenis tanaman apa yang dimaksud dengan RC4 dan mengapa harganya mahal.
- RC5: Jika dimakan, RC5 dapat menahan lapar selama 2-3 hari. Penjelasan ini sudah jelas.
- RC10-13: Jika ditunjukkan kepada anak-anak, RC10-13 dapat meningkatkan keterampilan musik mereka. Namun, sebaiknya ditambahkan informasi tentang jenis keterampilan musik apa yang dapat ditingkatkan oleh RC10-13.
- RC18-21: Jika ditunjukkan kepada anak-anak, RC18-21 dapat meningkatkan kemampuan akademik mereka. Namun, sebaiknya ditambahkan informasi tentang jenis kemampuan akademik apa yang dapat ditingkatkan oleh RC18-21.
- RC22: Jika dilihat seperti tubuh manusia, RC22 memiliki harga yang mahal. Namun, sebaiknya ditambahkan informasi tentang jenis tanaman apa yang dimaksud dengan RC22 dan mengapa harganya mahal.
Cutscene dan Event
Perlu diingat bahwa informasi yang disajikan belum tentu sepenuhnya akurat karena diperoleh dari berbagai sumber seperti forum dan blog.
Oleh karena itu, keputusan akhir tetap tergantung pada Anda sendiri. Semoga berhasil dan semoga beruntung!
Life
The Begining : Yah ini ada dapat jika anda memilih “yes” ketika anda di tawari berkebun.
Don’t Smile : Yah ini di dapat jika anda memilih “No” ketika anda di tawari berkebun , lalu anda pulang ke kota dan takakura akan cemberut dan marah – marah di depan tv sambil mencoba tuk menghidupkan tv nya.
The Village : yah ini di dapat jika anda memilih “Noting” ketika anda di tawari keliling desa , jika “I don’t go to road” , maka anda tidak perlu berkeliling desa.
Muffy
First Encounter (1 hati) : Saya keluar dari rumah sekitar jam 11.30 pagi, tetapi saya baru menemukan Muffy pada pukul 4 sore.
Saat itu, anjing Anda akan mencoba menyerang Muffy. Pilih opsi “apakah kamu terluka?” dan Muffy akan kembali ke rumahnya.
Breaking Dish (2 hati) : Masuk ke Blue Bar, sekitar jam 1 siang. Jika Anda memilih untuk mendengarkannya, Muffy akan senang.
Whom You Want to Meet? (jika hatinya tidak 2 atau 3) : Masuk ke ruangannya pada jam 10 pagi ketika dia ada di dalam. Dia akan bertanya apakah Anda ingin bertemu dengannya atau dengan Griffin. Pilih pertemuan dengannya.
Friend’s Wedding (3 hati) : Keluar dari rumah menuju sungai sekitar jam 11 pagi – 1 siang. Muffy akan meminta untuk didengar. Pilih opsi “kamu seharusnya ada di sini” untuk membuatnya senang.
One Night (4 hati) : Tidurlah antara jam 6 – 8 malam. Muffy akan mengetuk pintu rumah Anda dan meminta tempat tinggal karena dia merasa diikuti.
Jika Anda mengizinkannya, Griffin akan datang dan membawa Muffy pulang, dan Muffy akan berterima kasih pada Anda.
Dating (4 hati) : Masuk ke Blue Bar sekitar jam 11 siang – 1 siang. Jika Muffy mengatakan bahwa dia bosan, ajak dia kencan. Dia akan setuju, dan setelah kencan, dia akan mengatakan bahwa dia bersenang-senang.
Wedding (4 hati + pasangan biru) : Ketika Anda melamarnya, dia akan membawa Anda ke kamarnya dan merasa sangat tersentuh karena Anda memilih dia dari semua gadis.
Sebenarnya, saya pikir gadis yang benar-benar menderita jika Anda tidak memilih dia adalah Muffy. Anda dapat melihat betapa sedihnya dia di bawah ini 🙁
I’m Really on to You (4 hati) : Jika Anda memilih untuk menikahi wanita lain, Muffy akan datang ke rumah Anda sekitar jam 7 – 9 malam dan mengatakan bahwa dia kecewa pada Anda. Dia akan pergi sambil menangis.
The Bridge 1 : Setelah menikah dengan wanita lain, pergilah ke sungai sekitar jam 12 siang – 1 siang pada tahun kedua. Muffy akan mengatakan bahwa dia patah hati dan mencintai pria yang sudah menikah.
The Bridge 2 : Keluar dari rumah dan pergilah ke sungai sekitar tahun ketiga atau keempat sekitar jam 12 siang – 1 siang. Muffy akan berkata bahwa dia patah hati karena mencintai pria yang lebih muda darinya.
The Bridge 3: Pada usia sekitar 4-5 tahun, keluarlah dari rumah dan pergilah ke sungai. Di sana akan ada seorang karakter yang mengaku patah hati karena ia mencintai seorang pria yang lebih tua darinya.
Muffy dari Non Good Wife?: Jika Anda pergi ke Bar antara jam 1 hingga 2 siang pada tahun ke-5, Anda akan menyaksikan acara khusus yang melibatkan karakter Muffy dan Griffin.
Not Young Anymore: Setelah memutuskan untuk tidak menikahi Muffy, pergilah ke Bar antara jam 1 hingga 2 siang pada tahun ke-5. Di sana, Anda akan melihat sebuah acara yang melibatkan karakter Muffy dan Griffin.
Nami
The Bridge 3: Pada usia sekitar 4-5 tahun, keluarlah dari rumah dan pergilah ke sungai. Di sana akan ada seorang karakter yang mengaku patah hati karena ia mencintai seorang pria yang lebih tua darinya.
Muffy dari Non Good Wife?: Jika Anda pergi ke Bar antara jam 1 hingga 2 siang pada tahun ke-5, Anda akan menyaksikan acara khusus yang melibatkan karakter Muffy dan Griffin.
Not Young Anymore: Setelah memutuskan untuk tidak menikahi Muffy, pergilah ke Bar antara jam 1 hingga 2 siang pada tahun ke-5. Di sana, Anda akan melihat sebuah acara yang melibatkan karakter Muffy dan Griffin.
Lumina
Bermain piano sulit (1 hati merah, bukan hijau): Kunjungi vila saat Lumina bermain piano jam 11 pagi. Romana akan memuji permainan Lumina.
Setelah Romana pergi, Lumina akan berbicara denganmu. Pilih opsi “just have more fun” untuk membuatnya senang.
Jika memilih opsi “just try harder”, Rock akan datang dan berbicara dengan Lumina. Event ini bisa didapatkan di musim semi Accompaniment (2 hati): Masuk ke kamar Lumina saat dia berada di dalam.
Tanyakan apakah dia ingin bermain piano bersama orang lain. Dia akan menjawab ya dan mengatakan bahwa kamu sudah seperti kakak baginya.
Jatuh cinta? (2 atau 3 hati): Masuk ke vila saat mereka semua berada di dalam. Sebastian akan mengajakmu untuk mencoba resep barunya.
Ketika menuju dapur, kamu akan mendengar percakapan antara Romana dan Lumina. Lalu Sebastian akan mengatakan bahwa menguping percakapan orang lain tidak baik.
Lalu Sebastian akan memberitahumu bahwa Lumina semakin cantik dan dia curiga Lumina sedang jatuh cinta. Lalu dia akan memberimu masakan itu, pilih opsi bahwa kamu menyukai masakan itu untuk membuatnya senang.
Pengakuan pemalu (3 atau 4 hati): Keluar dari vila dan Lumina akan memintamu menemani ke pantai (pilih opsi ya).
Di pantai, dia akan menanyakan siapa cinta pertamamu, pilih jawaban yang menanyakan tentang cinta pertama Lumina. Sebastian akan datang menjemput Lumina pulang.
Lamaran pernikahan (4+ pasangan biru): Berikan Blue Feather pada Lumina saat dia memiliki 4 hati. Dia akan bertanya apa itu untuknya, jawab ya.
Kamu akan berada di kamar Romana, ketika Romana bertanya apakah kamu bisa membuat Lumina bahagia, jawab ya saja.
Wife
Good Morning 1: Jika Anda bangun lebih awal dari istri Anda pada tahun pertama dan menunggu hingga jam 6 pagi, maka istri dan anak Anda akan mengucapkan selamat pagi kepada Anda.
Good Morning 2: Jika Anda bangun lebih awal dari istri Anda pada tahun kedua dan seterusnya, dan menunggu hingga jam 6 pagi, maka istri Anda akan mengucapkan selamat pagi, tetapi tanpa anak Anda.
Anakku, di mana kamu?: Pada tahun kedua, ketika Anda membawa anak Anda keluar rumah dan sudah dekat waktu tidur (jam 9 malam), Celia akan bingung di mana anaknya. Kemudian, Celia akan memberitahu Anda bahwa anak Anda tidak berada di rumah.
Spy on my wife: Pergilah kembali ke kamar pada jam 6 atau 9 malam. Ketika istri Anda pergi ke kompor atau kulkas, bukalah pintu kamar mandi. Saya tidak yakin tentang CS ini.
Istri Anda akan memperingatkan Anda jika orang lain yang ingin pergi ke kamar mandi lebih dulu. Ketika dia berada di dalam, dan Anda membuka pintu sehingga Anda dapat melihat dia mandi masih mengenakan bajunya.
Child
Bath: Pada tahun kedua, pada saat musim gugur sekitar pukul 6.30 malam, masuklah ke dapur. Istri Anda akan meminta Anda untuk memandikan anak Anda.
Untuk memicu acara ini, Anda harus bekerja di peternakan Anda dan merawat tanaman. Selain itu, anak Anda harus ingin mandi sendiri (Anda tidak bisa memaksanya).
Anak laki-laki / perempuan menyiram tanaman: Bangun lebih awal dari anak Anda, pada tahun ketiga dan seterusnya, tetapi harus memiliki keahlian yang tinggi dalam merawat tanaman.
Anak laki-laki / perempuan memberi makan hewan peliharaan: Bangun lebih awal dari anak Anda, pada tahun ketiga dan seterusnya, tetapi harus memiliki keahlian yang tinggi dalam merawat hewan peliharaan.
Kotak? Pada tahun ketiga, masuklah ke kamar anak Anda ketika dia berada di dalam. Dia sedang melihat sebuah kotak yang mereka temukan di pantai.
Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan pendidikan mereka, pilih opsi “apa yang ada di dalam kotak”, lalu pilih “ada sesuatu yang lain di dalamnya”, lalu “masa depanmu”.
Keluar dari kamarku: Pada tahun keempat, coba masuk ke kamar anak Anda di malam hari ketika dia masih terjaga (sekitar pukul 9 malam).
Daachan (beruang mainan yang Anda beli dari Van) akan berdiri dan bergerak ketika Anda dan anak Anda sedang istirahat di lantai.
Daachan tiba-tiba akan duduk dan anak Anda akan bangun dan memerintahkan Anda untuk keluar dari kamar. Anak nakal!
Pembantu saya: Keterampilan dalam merawat hewan dan tanaman harus terlatih dengan baik. Bangun setelah anak Anda bangun atau setelah pukul 7 pagi (baik di kamar tidur atau ruang utama).
Saya tidak tahu persis waktunya, mungkin acak atau tergantung kapan anak Anda bangun. Ketika saya bangun sekitar pukul 7:30 pagi, anak saya datang dan mengatakan bahwa ia telah menyiram semua tanaman dan memberi makan semua binatang.
Cinta saya: Saya mendapatkannya di Bab 5 Musim Panas, pukul 9:30 malam. Ini saat putri Anda pulang, hanya menunggunya di sekitar waktu itu.
Ketika dia masuk ke dalam rumah, ikuti dia ke dapur. Harus cepat, dia tidak akan tinggal lama di sana. Pada saat itu, jika istri Anda adalah Celia, saya tidak tahu apakah yang lain, dia berada di ruang utama, tetapi ketika Anda mencapai dapur, istri Anda (Celia) akan ada di sana.
Putri Anda ingin mendiskusikan sesuatu yang penting dengan Anda. Dia jatuh cinta dengan seseorang dan membutuhkan saran.
Putri Anda mengatakan kepada ibunya bahwa dia jatuh cinta dengan seseorang. Kemudian istri Anda menebak jika dia jatuh cinta pada Hugh.
Takakura
Kuda Gratis: Lihat di “Hadiah dari penduduk”
Tartan: Lihat di “Hadiah dari penduduk”
Pesan: Berbicaralah dengan Takakura, maka dia akan menjelaskan tentang Cara Pesan dan Pengiriman
Jual atau tidak jual dalam pesanan: Masuk ke dalam pesanan saat Takakura berada di dalam pada jam 5.15 – 5.32 pagi, untuk persyaratan lainnya tidak diketahui.
Jika Anda menjual barang, ia akan berkata “Saya akan pergi sekarang”, tetapi jika tidak menjual apa-apa, ia akan berkata “Oke karena itu terjadi kadang-kadang” (terjemahkan sendiri ya :P)
Tanam yang ke-3 dan Bin yang ke-1: Tunjukkan RC dan RT kepada Takakura saat masuk pesanan lalu jual di pesanan maka ia akan berkata bahwa ia akan berkeliling desa, karena mungkin ada yang ingin membelinya (saya kurang tahu apakah ini GC atau SE 🙁 )
Tanam yang ke-3 dan bin yang ke-2: 3 hari setelah CS di atas, dan selama itu Anda menjual RC dan RT, dan masuk pesanan saat Takakura berada di dalam saat ia dari kota maka ia akan memberi Keranjang khusus untuk RC dan RT (saya kurang tahu apakah ini SE atau GC)
Sampai jumpa: Jual hewan ternak Anda maka Takakura akan menjual hewan ternak dan membawanya ke kota, saya sangat merasa bersalah setiap menjual hewan ternak saya 🙁
Dapatkan Pesanan: Saat barang Anda sampai, ia akan mengabari Anda seperti tool, barang lain, dan hewan ternak
Selesai: Saat Anda memesan bangunan atau mesin, dan saat Anda bangun atau Takakura datang ia akan berkata “Saya selesai”
Selesai untuk pesanan: Pada saat akhir tahun (10 musim dingin) sebelum tidur, pesan sesuatu di pesanan maka Takakura akan langsung membawanya, jadi jika memesan ruangan untuk memerah susu maka akan langsung jadi (it’s cool men 🙂 )
Resep: Bertemanlah dengannya dan bicaralah dengan dia saat di rumahnya
Kotak: Jika Anda sering menjual barang di pesanan (seperti menjual barang sekaligus, sebanyak lebih dari 60.000 G) maka saat Takakura pulang ada sebuah kotak, kotak itu jika dibuka akan membuat game tidak berjalan (ceket).
Jadi jika ingin membukanya, tunggu 1-2 tahun kemudian, maka Anda bisa membukanya. Isinya Bird Feed dan Good Fooder (saya mendapatkan saran ini dari sahabat saya Fajar (Admin MF) di FP Admin Elli.
Van
Buka Tokoku: Saya akan mengatakan bahwa toko saya telah dibuka (jam 12 siang) tetapi kadang-kadang antara jam 10 pagi – 1 siang.
Tutup Tokoku: Saya akan mengucapkan terima kasih untuk hari ini (jam 6 sore).
Diet Van: Saya kurang tahu waktu yang tepat, saya mendapatkannya pada tahun ketiga pada tanggal 8 Musim Semi, saat masuk ke Inner Inn, saya mendapatkannya pada jam 10 pagi. Saat itu, ia tidak pergi ke air terjun dan datang terlambat langsung ke Inner Inn.
Oh, jangan lupa untuk berteman dengannya. Tim akan berbicara tentang Diet Van yang ternyata berhasil dan Anda harus memilih “Selamat” saat diberi pertanyaan.
Lukisan di Villa: Pada tahun ketiga pada musim dingin tanggal 3 atau 8, masuk ke villa saat Van berada di sana sekitar jam 6.30 malam ke atas.
Ketika Anda datang, Anda akan melihat Van meminta Romana untuk menjual lukisan di villa kepadanya. Romana mengatakan bahwa lukisan itu dibuat oleh seniman terkenal dan Van tidak pernah bisa membelinya.
Van marah dan bersumpah bahwa suatu hari ia akan menjadi orang kaya dan membelinya, lalu ia pergi. Setelah itu, Lumina mengatakan bahwa orang yang digambarkan dalam lukisan itu adalah dirinya sendiri.
Kemudian, Sebastian datang dan Lumina meminta bantuan padanya untuk melukis lagi. Sebastian keluar dan Anda dapat memilih untuk mengikuti dia atau tidak.
Jika Anda mengikutinya, Anda akan menemukan bahwa Sebastian ingin memilih bulu Mukumuku untuk kuas cat Lumina, bahkan jika dia harus melawannya.
Mukumuku 4: Lihat CS Darly.
Mendapatkan sesuatu dengan Van: Pesan saja Goat, Vas, Teddy Bear maka Van akan membawanya ke framemu, untuk interior itu akan ada di buku harianmu.
Murrey
Murrey Stealing: Simpan beberapa makanan di dalam freezer (tidak di kulkas di dapur Anda), lalu setelah 1 atau 2 hari keluar dari rumah, dan Anda akan melihat Murrey mencuri makanan Anda.
Jika Anda memintanya mengembalikan makanan, dia akan meminta maaf dan pergi.
Goodbye Murrey: Anda harus terus memberikan uang padanya sampai dia tidak mau menerima uang Anda lagi.
Ketika Anda masuk ke rumah antara jam 10 pagi – 4 sore, Murrey akan datang dan mengucapkan selamat tinggal serta memberi Anda item hasil penggalian, dan dia mengatakan mungkin Van ingin membelinya, untuk lebih jelasnya lihat di “Hadiah Dari Penduduk”.
Murrey Back: Saya kurang tahu tentang ini, katanya ketika Anda keluar dari rumah maka akan ada cutscene, untuk waktu dan tempatnya masih belum diketahui (Maaf).
Dia telah menjadi kaya dan akan memberi Anda banyak uang. Beberapa orang mengatakan bahwa Murrey memberitahu Anda bahwa dia telah menghabiskan semua uang yang Anda berikan untuk membeli minuman.
Mukumuku
Mukumuku 1 – 5 dapat ditemukan di CS Darly. Rekaman dapat ditemukan di “Hadiah dari Penduduk”. Mengenai luka, ini sedikit sulit untuk diketahui dengan pasti.
Banyak orang mengatakan bahwa berteman dengan Mukumuku dan memberinya 3 set ikan setiap hari selama tahun 4-6 pada musim dingin saat ke mata air panas akan menyebabkan Mukumuku terluka di CS. Namun, hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti.
Fram
Serangga: Jika Anda menanam sayuran atau umbi-umbian terlalu dekat dengan pohon, saat Anda keluar rumah di malam hari serangga akan memberi tahu Anda bahwa menanam terlalu dekat dengan pohon akan membuat tanaman layu.
Pupuk: Jika Anda menggunakan terlalu banyak pupuk pada tanaman atau pohon, misalnya dengan menambahkan pupuk lagi dan lagi sebanyak 1-3 kali, sesuatu akan memanggil Anda.
Setelah Anda bingung, Anda akan menemukan bahwa yang memanggil Anda adalah serangga. Serangga tersebut akan memberitahu Anda bahwa pupuk tidak boleh digunakan secara berlebihan.
Romana
Melukis di Villa: Melihat CS Van
Cat, Lembaran Musik, dan Kaleng Penyiram W: Lihat di “Hadiah Dari Penduduk”
Sebastian
Melukis: Berteman dengannya, kemudian bicara dengannya di kamarnya atau di sekitar villa. Pasti ia akan menanyakan apakah ia pantas menjadi pelukis. Jika iya, maka ia akan melukis lagi.
Bicara dengan Pakar Acara: Ini melibatkan Celia dan Lumina. Sebastian dan Celia akan berbincang di kebun di luar villa. Celia akan memuji kebunnya.
Lalu, Lumina akan keluar dari villa dan melihat mereka. Sebastian akan berkata, “What can I do for you, miss Lumina?” Namun, Lumina akan pergi dengan marah.
Kenangan: Kalian harus berteman dengan Sebastian untuk mendapatkan CS ini. Masuk ke kamarnya di villa.
Ambil pilihan “Is this picture of Romana?” dan Sebastian akan meminta kalian untuk tidak menceritakannya pada siapa pun. Pilih “I Understand” untuk membuat dia senang.
Coba dan Nikmati: Berteman dengan Sebastian dan masuk ke dapurnya saat malam hari atau saat ia berada di dalam.
Ia akan meminta Anda untuk mencicipi hidangan yang ia buat dan ia akan bercerita tentang Lumina yang sudah dewasa.
Anda untuk Villa: Saya lupa, tapi saya rasa itu terjadi pada tahun kedua, dan Anda harus berteman dengan Sebastian.
Pergilah ke ruangan Sebastian di villa pada malam hari ketika ia berada di dalam. Namun, saya pikir tidak hanya pada malam hari, tapi selama ia berada di kamarnya.
Sebastian akan meminta Anda menjadi pengganti jika Lumina dan Romana tidak lagi ada di dunia ini.
Rekaman: Lihat di “Hadiah dari Penduduk.”
Resep: Berteman dengannya dan bicaralah dengannya di dapur villa.
Kassey
Merebut Wilayah: Cari di bagian “Permainan” Bijih dan Rekaman: Cari di bagian “Hadiah dari Penduduk”
Just Muffy: Jika Anda berteman dengan dia, dia akan sering bercerita tentang kepribadian Muffy Grils
Firework: Jika Anda berteman dengan dia dan berbicara saat dia bekerja, dia akan memberitahu Anda apa yang disukai, apakah perempuan (Grils) atau kembang api (Firework).
Patrick
Menangkap Teritori: Cari di “Permainan”
Besi dan Kembang Api: Cari di “Hadiah dari penduduk”
Hanya Lumina: Jika menjadi temannya, dia akan sering bercerita tentang Lumina.
Daryl
Eksperimen 1: Untuk mendapatkan acara ini, Anda harus berteman dengan Daryl dan memasuki rumahnya sekitar jam 1 siang.
Anda akan melihat dia mencoba mencari sumber listrik untuk Desa Dania dengan menciptakan sirkuit breaker, namun gagal.
Eksperimen 2: Mirip dengan eksperimen 1, masuklah ke rumah Daryl sekitar jam 1 siang, namun tidak sedang hujan atau mendung.
Kali ini, Daryl mencoba mencari sumber listrik dari matahari, tetapi disarankan untuk tidak tinggal di sana karena akan melihat kegagalan.
Eksperimen 3: Hampir sama dengan eksperimen 2, masuklah ke rumah Daryl sekitar jam 1 siang, tapi kali ini sedang hujan. Daryl melakukan percobaan dengan mempelajari pasokan air dan berpikir untuk membuat tangki air raksasa yang dapat menyimpan air hujan. Namun, seperti biasa, eksperimennya gagal.
Seed Maker: Masuk ke rumah Daryl sekitar jam 1 siang. Dia akan mengeluhkan ide seed maker-nya yang telah dibuat di kota.
Jika Anda belum memiliki seed maker, Daryl akan memberikan seed maker-nya pada Anda untuk membuktikan bahwa dia adalah yang menemukannya pertama kali. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di hadiah dari penduduk.
Mukumuku 1–5: Keluar dari rumah Anda sekitar jam 6 sore untuk menemui Daryl. Pada event-event ini, Daryl berusaha untuk menemukan mukumuku, namun selalu gagal karena makanannya diambil oleh Murrey atau karena Mukumuku tidak tertidur setelah memakan makanan yang diberikan oleh Daryl.
Plotting Against The Cows: Keluar dari rumah Anda pada sore hari, Anda akan melihat Daryl mengamati sapi Anda. Saat hampir ditabrak sapi Anda, dia akan pulang.
Observing Kids: Pada tahun ke-2, keluarlah dari rumah Anda dan Anda akan melihat Daryl mengintip anak-anak Anda melalui jendela. Setelah dia ketahuan, dia akan pulang.
Love Triangle: Tidak banyak yang diketahui, namun beberapa orang mengatakan bahwa acara ini terjadi ketika Anda menggali sampai jam 5 sore dan dipaksa berhenti oleh Carter.
Banyak orang mengatakan bahwa ini terjadi pada tahun ke-2. Setelah Carter berterima kasih kepada Anda atas pekerjaan yang telah dilakukan, Flora akan datang dan bertemu dengan Anda.
Ketika Anda berjalan pergi, Flora dan Carter mulai berbincang-bincang. Kemudian, Anda melihat Daryl memata-matai Flora dan Carter dari sisi sungai yang berbeda dan cemburu ketika Flora memasak untuk Carter. Setelah Flora mengetahuinya, dia melarikan diri dan jatuh.
Cody
Strange Sickle dan Metal Statue: Cari di ‘Hadiah dari Penduduk’.
Cat dan Logam: Jika berteman dengan Cody, maka akan ada lukisan dan logam di kamar anak.
Penggemar Nami Cody: Cari di CS Nami.
Griffin
Gitar: Pergi ke bar di malam hari ketika Griffin, Muffy, dan Rock ada di sana. Orang lain boleh datang selama Muffy, Rock, dan Griffin hadir.
Saya melihat Grant di sana juga. Anda akan melihat Griffin memainkan gitar untuk Anda, Muffy, dan Rock. Konser pribadi, ya?
Catatan: Lihat di “Hadiah dari Penduduk”.
Resep dan Minuman: Untuk memesan minuman di meja bar, pilih “I want to drink”. Jika ingin resep, ajak berteman terlebih dahulu, lalu pilih “want to chat” dan mereka akan memberitahu resep.
Gustafa
Tum tum: Look in Gifts from the Residents.
Kisah Bintang Merah: berteman dengannya dan pada tahun ke-4 berbicara dengannya di pantai.
Tim
Istri saya: Berkenalan dengan Ruby dan Tim, dan pada tahun keempat, masuk ke dalam Inner Inn saat Ruby dan Tim berada di ruang tengah.
Mereka akan berbicara tentang kebiasaan mereka dalam bepergian, dan Tim bertanya apakah Ruby merasa nyaman tinggal di For Get Me Not Valley.
Strange Hoe: Lihat di “Hadiah dari penduduk”.
Ruby
Bumbu Ruby: Temukan di “Hadiah dari Penduduk”.
Resep: Bertemanlah dengannya dan ajak bicara di dapurnya.
Istri Saya: Lihatlah Tim Layanan Pelanggan.
Rock
Catatan: Lihat pada bagian “Hadiah dari Penduduk”
Minum Susu versus: Lihat pada bagian “Permainan”
Galen
Kuburan yang Dibersihkan: Cari di bagian “Permainan”
Tongkat Pancing: Cari di bagian “Hadiah dari Penduduk”
Kenangan Lama: Pada bab 3, pergilah ke rumah Vesta sekitar jam 7-8 pagi. Galen akan menceritakan bagaimana dia bertemu dengan Nina.
Nina
Resep: Bersahabat dengan Nina dan berbicara di rumahnya.
Mimpi Aneh: Bersahabat dengan Nina dan berbicara dengannya di luar.
Wally
Wool Clipers dan Gold Medal : Lihat hadiah dari Penduduk.
Crish
Catatan: Silakan lihat hadiah dari penduduk.
Pertemuan Perempuan: Pada tahun kedua, jika Anda memasuki rumah Darly atau Dr. Hardy saat Krisis di Sumur dan Samantha keluar dari rumahnya, kemudian Anda masuk ke rumah Dr. Hardy atau Darly dan keluar, maka para wanita akan bercerita tentang hal-hal pribadi mereka.
Hugh
Silakan lihat di “Hadiah dari penduduk” untuk melihat Record dan Werid Sickle. Sedangkan untuk informasi mengenai Drinking Milk versus, Anda bisa mencarinya di “Games”.
Saat Anda merasa tidak sehat, Anda mungkin akan pingsan, tetapi Dr. Hardy siap memberikan bantuan dan nasihat yang diperlukan.
Di chapter 3, selama musim dingin, Anda bisa pergi ke spring untuk mendapatkan event A Noble Deed. Dalam event tersebut, Dr. Hardy ingin memberikan obat pada Mukumuku, namun Mukumuku ketakutan melihat bekas luka di wajah Hardy. Mukumuku akan menceritakan kisahnya pada Anda.
Grant
Alarm: Periksa di bagian “Hadiah dari Penduduk”
Meminum Susu versus: Lihat di bagian “Games”
Promosi: Pada tahun kedua, bertemanlah dengannya dan saat dia pulang kerja sekitar pukul 8-9 malam, Anda akan melihat seseorang tertawa sendirian. Ketika Anda melihatnya, orang yang sedang tertawa adalah
Grant: Dia sangat senang karena akhirnya mendapatkan promosi dari atasannya.
Kate
Novely: Novely berteman dengan Kate dan bersama-sama menggali hingga selesai pada pukul 5 sore. Setelah Carter melihat barang temuan di situs tersebut, Kate berbicara dengan Flora tentang keinginannya menjadi seorang penulis novel.
Record: Silakan lihat di “Hadiah dari Penduduk”.
Vesta
Weird Hoe: Lihat di “Hadiah dari penduduk”
Resep: Berteman dengannya dan talk dia saat di rumahnya.
Diskon
Bertemanlah dengan Vesta dengan tidak membeli bibit semangka dan ubi, tanamlah dan panenlah 1/5 dari tanaman tersebut. Di bab 2, Vesta akan memberikan diskon pada bibit semangka dan ubi karena harganya sedikit mahal.
Vesta sangat bersahabat dengan kamu (bisa diketahui jika kamu mendapatkan diskon CS). Kamu harus memiliki minimal 2 ruang kosong di Barn.
Suatu hari, ketika kamu bangun dan keluar, Vesta akan berdiri di depan pintu dan memegang sapi di belakangnya.
Salah satu sapi adalah jantan dan satu lagi betina. Dia akan mengucapkan terima kasih karena kamu menjadi teman yang baik.
Dia tidak memerlukan sapi-sapi ini lagi dan tidak ingin menjualnya ke ilmuwan, jadi dia pikir kamu harus membawa mereka.
Dia yakin mereka akan aman di tempat kamu. Kamu akan diberi pilihan untuk menerima atau menolak sapi tersebut.
Jika kamu menerimanya, Vesta akan memberikan sapi tersebut dan kamu akan pergi bersama Takakura untuk membantumu menempatkannya di Barn.
Carter
Goods Mine and Digging: Anda bisa mendapatkan izin untuk menggali dan ketika selesai, ada seseorang yang akan memeriksa hasil tambang Anda.
Tablet: Jika Anda berhasil mendapatkannya, ada seseorang yang akan mengambil tablet tersebut.
Singing: Anda bisa berteman dengan seseorang dan berbicara dengannya di pantai pada tanggal 3 dan 8 pada jam 3-4.
Record: Anda bisa melihat hadiah dari penduduk.
Love: Anda bisa berteman dengan Carter dan Flora, lalu pergi ke lokasi penggalian pada jam 7-8 pada tahun 4-6. Carter mengungkapkan perasaannya kepada Flora namun akhirnya jatuh ke sungai.
Triangle Love: Anda bisa melihat lebih lanjut di CS Darly.
Flora
Ketika ingin membeli kalung, cari di kategori “Hadiah Dari Penduduk”. Sedangkan jika mencari informasi tentang cinta atau kisah cinta segitiga, bisa bertanya kepada CS Darly.
Harvest Sprites
Blue Partner: Cari di bagian “Hadiah Dari Penduduk” untuk melihat hadiah yang bisa diberikan oleh penduduk.
Cow Isolater: Jika kamu ingin tahu kapan sapi kamu akan melahirkan, tanyakan pada Harvest Sprites.
Bron: Jika kamu memiliki hewan ternak seperti ayam, bebek, atau sapi, tanyakan pada Harvest Sprites untuk mengetahui jika ada hewan yang baru saja melahirkan.
Death: Jika ada hewan ternak yang meninggal, Harvest Sprites akan memberitahumu.
1000 Cm Fish: Masih belum jelas, tetapi kabarnya kamu harus berteman dengan Mukumuku dan memberinya setiap hari, memiliki lebih dari 50 ikan, dan memancing dengan menggunakan Fishing Pole.
Setelah umpan dimakan selama 22 jam (di HM AWL SE), kamu harus menarik pancingan dan berharap dapat mendapatkan ikan Colombo sepanjang 500 cm – 1000 cm.
Crazy Dog: Jangan memberi makan anjingmu selama 4-5 tahun karena ini bisa membuatnya gila. Juga, jika kamu merasa kehilangan beberapa hewan ternak atau kucing, tanyakan pada Takakura dan coba bersama-sama menenangkan anjingmu dengan memberinya makan.
Penutup
Dalam kesimpulan, walkthrough Harvest Moon: A Wonderful Life Special memberikan panduan yang komprehensif dan berguna bagi para pemain yang ingin mengoptimalkan pengalaman mereka dalam memainkan game ini.
Dari menanam dan merawat tanaman hingga memelihara hewan dan membangun hubungan dengan penduduk desa, panduan ini memberikan tips dan strategi yang jelas dan terperinci.
Dengan mengikuti panduan ini, pemain dapat lebih mudah meraih kesuksesan dalam game dan membangun sebuah kehidupan yang penuh makna di desa Mineral Town.