7 Cara Bertahan Hidup Hari Pertama di Game Minecraft

Pada dasarnya game minecraft ini merupakan sebuah game sandbox yang mempunyai banyak sekali mode permainan, salah satunya adalah survival atau bertahan hidup.

Ketika kamu memulai game ini atau membuat dunia baru, kamu akan dihadapkan dengan hari pertama yang merupakan moment unik.

Mengapa unik? Hal ini karena ketika pemain pertama kali spawn pada saat matahari terbit ke dunia yang sudah ditentukan tanpa memiliki apapun dan kamu dituntut untuk bisa bertahan hidup.

Perlu kamu tahu bahwa hari pertama akan menjadi siang yang sangat cepat dan malam yang begitu lama. Tetapi, tidak berlaku apabila kamu sudah mempunyai pengalaman.

Hal ini karena kamu sudah tidak takut berkeliaran ketika malam hari atau ketika membunuh monster tanpa menggunakan senjata di malam pertama.

Jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa panduan untuk kamu yang masih takut atau masih pemula melewati hari pertama atau malam pertama di Minecraft mode survival.

1. Mencari Kayu

cara bertahan hidup hari pertama di minecraft mencari kayu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan pada saat kamu pertama kali muncul atau spawn di game Minecraft dengan mode survival adalah melihat sekeliling dan mencari kayu atau pohon terdekat.

Mengapa?

Perlu kamu tahu bahwa kayu adalah salah satu item yang sangat penting di dalam game Minecraft ini karena menjadi bahan utama yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan banyak item.

Item yang bisa kamu buat tentu saja semua item yang hanya bisa dibuat dengan menggunakan kayu, misalnya seperti crafting table dan peralatan lain yang sangat berguna di awal game.

Kayu memang menjadi item utama yang sangat penting untuk bisa bertahan hidup. Untuk bisa membuat crafting table tentu saja kamu harus tahu bagaimana cara membuat crafting table.

Tenang untuk bisa menemukan kayu atau pohon ini tidak sulit. Kamu bisa menemukan kayu atau pohon di hampir semua tempat dengan jenis yang berbeda, kecuali gurun dan lautan.

Karena kamu tidak mempunyai alat yang dapat digunakan untuk menebang pohon seperti kapak, maka kamu bisa menggunakan tangan kosong.

Memang butuh waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan kapak. Dalam hal ini kamu perlu mencari kayu secukupnya, biasanya 1-2 pohon sudah cukup.

Kamu perlu ingat bahwa kamu tidak boleh berlama lama untuk mencari kayu atau pohon karena di hari pertama waktu sangatlah penting.

2. Membuat Crafting Table dan Wood Plank

membuat crafting table dan wood plank

Perlu kamu tahu bahwa wood plank adalah salah satu item yang bisa kamu buat tanpa harus menggunakan crafting table. Ya, karena crafting table ini memang terbuat dari wood plank.

Ya, jika kamu sudah memiliki kayu yang cukup, langkah yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah dengan membuat wood plank terlebih dahulu.

Kamu bisa membuat item wood plank ini dengan cara membuka inventory kemudian tempatkan kayu pada kotak yang tersedia.

Kamu bisa membuat 4 wood plank dengan menggunakan 1 kayu. Ingat jangan gunakan semua kayu untuk membuat wood plank, sisakan setidaknya 1-3 kayu saja.

Kemudian, setelah kamu berhasil membuat wood plank, kamu bisa membuat crafting table yang sudah dijelaskan sebelumnya. Crafting table memang hanya bisa dibuat dengan menggunakan wood plank saja.

Untuk cara membuat crafting table di Minecraft ini prosesnya sama seperti membuat wood plank yaitu dengan membuka inventory dan tempatkan 4 item wood plank pada 4 kotak yang tersedia.

3. Membuat Stik dan Peralatan Survive

membuat stik dan peralatan pedang beliung kapak

Item wood plank yang masih tersisa dari membuat crafting table ini bisa kamu gunakan untuk membuat stik dan peralatan (pedang, beliung, dan kapak).

Perlu kamu tahu bahwa stik adalah sebuah item yang harus ada jika kamu ingin membuat sebuah peralatan. Untuk bisa membuat stik ini kamu bisa menggunakan inventory atau crafting table.

Item stik ini tidak perlu dibuat terlalu banyak, 8-12 item stik saja sudah cukup untuk bisa menghemat item wood plank. Hal tersebut karena kamu masih membutuhkan item tersebut untuk membuat peralatan.

Peralatan yang bisa kamu buat di hari pertama juga masih sangat sederhana. Hal tersebut karena masih menggunakan bahan dasar kayu.

Meskipun tergolong sederhana, tetapi peralatan tersebut sudah sangat membantu bagi kamu untuk melewati hari pertama di game Minecraft.

Perlu kamu tahu bahwa kamu hanya perlu membuat atau membutuhkan 3 alat yang penting misalnya seperti pedang, beliung, dan juga kapak.

Semua peralatan tersebut mempunyai kelebihan kecepatan jika dibandingkan dengan menggunakan tangan kosong. Karena di hari pertama kamu akan berpacu dengan waktu.

Untuk bisa membuat peralatan (pedang, beliung, kapak) kita tidak bisa menggunakan inventory, tetapi menggunakan crafting table yang sudah dibuat dan diletakkan pada lantai atau blok serupa.

Alat beliung bisa kamu gunakan untuk mendapatkan batu. Tanpa menggunakan beliung tentu saja kamu tidak akan bisa mendapatkan batu dengan menggunakan tangan kosong.

Alat pedang digunakan untuk melakukan perburuan dan juga mengalahkan mobs jahat dengan lebih cepat karena damage yang dihasilkan cukup besar.

Sedangkan kapak bisa kamu gunakan untuk mempercepat dalam menebang pohon. Tentu lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan tangan kosong.

4. Membuat Tempat Bersembunyi

membuat tempat bersembunyi dan mencari batu

Jika kamu sudah berhasil membuat peralatan, maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari batu dan juga membuat tempat persembunyian yang aman.

Ketika kamu mencari batu, kamu juga bisa membuat tempat persembunyian di dalam tanah sekaligus untuk sementara waktu.

Sebetulnya jika kamu spawn di tebing bebatuan ini tentu saja akan sangat cocok untuk mencari batu dan juga tempat persembunyian. Hal ini karena kamu tidak perlu lagi menggali ke bawah tanah.

Tetapi, jika seed atau spawn kamu tidak berada di daerah tebing tentu saja kamu harus membuat tempat persembunyian di dalam tanah.

Pada dasarnya membuat tempat persembunyian di dalam tanah ini caranya sangat sederhana. Ya, tidak terlalu ribet seperti ketika kamu menambang.

Kamu bisa menemukan bantu ketika kamu sudah mengali 3-5 balok. Ketika kamu sudah berhasil menemukan batu, kamu bisa berhenti untuk membuat tempat persembunyian berukuran 3 x 3.

Ukuran tersebut sangat cukup bagi kamu untuk meletakkan crafting table dan juga tungku yang nantinya akan kamu buat.

Kamu jangan lupa untuk memasang pintu di tempat persembunyian yang sudah kamu buat supaya aman dan mobs jahat tidak bisa masuk ke tempat persembunyian kamu.

Pintu bisa kamu buat dengan menggunakan 6 wood plank dengan menggunakan crafting table. Tetapi, apabila kamu bermain pada level hard, pintu yang terbuat dari kayu akan bisa dihancurkan oleh zombie.

5. Buat Tungku dan Juga Obor

membuat tungku dan juga obor

Perlu kamu tahu bahwa rungku dan juga obor ini mempunyai hubungan yang saling membutuhkan apabila kamu tidak mempunyai batu bara untuk membuat obor.

Jika kamu spawn di tempat yang tidak ada batu bara, maka kamu bisa menggunakan arang sebagai bahan untuk membuat obor.

Arang ini bisa kamu buat dengan menggunakan kayu yang kamu bakar di tungku. Oleh karena itu, kamu harus membuat tungku terlebih dahulu dengan menggunakan batu yang sudah kamu cari.

Kamu bisa membuat tungku dengan menggunakan 9 batu yang diletakkan pada crafting table.

Setelah tungku berhasil dibuat kamu bisa menempatkan kayu pada tungku cukup 1 saja dan sebuah wood plank sebagai bahan bakar.

Setiap kayu yang kamu bakar akan menghasilkan 1 buah arang. Jika kamu sudah membuat arang, langkah berikutnya adalah dengan membuat obor.

Kamu bisa menggunakan stik yang tersisa dan arang untuk membuat obor. Dalam membuat obor ini kamu bisa menggunakan crafting table atau bisa juga tanpa crafting table.

Perlu kamu tahu bahwa 1 buah arang sama dengan 4 buah obor. Kamu bisa menempatkan 1-2 obor pada tempat persembunyian setelah berhasil dibuat.

6. Segera Lakukan Perburuan

melakukan perburuan

Setelah penerangan dan juga tempat persembunyian sudah berhasil kamu buat, maka kamu bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk mencari makanan yang bisa kamu makan ketika bersembunyi.

Dalam melakukan perburuan diusahakan tidak berada jauh dari tempat persembunyian yang sudah kamu buat. Hal ini supaya ketika petang datang kamu bisa cepat bersembunyi.

Selain itu, kamu harus melakukan perburuan terhadap hewan yang mempunyai daging yang mengenyangkan seperti ayam, sapi, domba, dan lain sebagainya.

Tentu saja kamu akan sangat beruntung jika kamu mendapatkan 3 domba dengan warna wol yang sama, karena kamu bisa membuat tempat tidur yang nyaman.

7. Menunggu Waktu Pagi

menunggu waktu pagi

Jika malam sudah datang, tentu saja waktunya kamu untuk bersembunyi pada tempat persembunyian yang sudah kamu buat.

Memang terdengar membosankan, tetapi kamu bisa mengusir rasa bosan tersebut dengan cara membakar daging buruan yang sudah kamu dapatkan sebelumnya.

Sambil menunggu daging yang kamu masak matang dan menunggu pagi hari kamu bisa meneruskan untuk menambang batu yang nantinya akan bisa kamu pakai untuk membuat peralatan dari batu.

Jika pada hari sudah tiba, maka kamu bisa kembali melakukan kegiatan yang ingin kamu lakukan, misalnya mencari domba untuk kamu ambil bulunya dan dijadikan untuk tempat tidur.

Tinggalkan komentar